Jakpro Yakin LRT Bisa Digunakan Saat Asian Games
Jakpro Yakin LRT Bisa Digunakan Saat Asian Games

Jakpro Yakin LRT Bisa Digunakan Saat Asian Games

By bagus santosa | 13 Apr 2018 21:53
Jakarta, era.id - Dirut PT Jakpro, Satya Heragandhi menegaskan, Light Rail Transit (LRT) rute Kelapa Gading-Velodrome dapat digunakan sebelum Asian Games 2018. Dia yakin setelah trainset pertama LRT yang terdiri dari 2 gerbong kereta ini tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat (13/4/2018).

"Kami optimis (bisa digunakan pada Asean Games)," kata Satya, Jumat (13/4/2018).

Dia mengatakan, setelah trainset ini tiba, maka butuh waktu 2-4 minggu untuk melakukan set-up. Setelah itu, dilakukan proses checking commisioning selama 1 bulan hingga akhirnya LRT siap dioperasikan pada akhir Juni 2018.

"Kalau sudah begitu, tergantung pemegang saham apakah Juli bisa dioperasikan secara resmi untuk melayani masyarakat atau untuk Asian Games," kata dia.

Baca Juga : Pembangunan LRT Dipastikan Gagal Kejar Asian Games

Dia menambahkan, masih ada tujuh trainset yang belum tiba. Rencananya, trainset ini akan datang satu bulan sekali. Sehingga, pada September semua transet sudah terkumpul.

Selain itu, Satya bilang, seluruh infrastruktur untuk lintasan LRT ini juga sudah siap. "Untuk infrastruktur tinggal proses finishing," kata dia.

Pernyataan ini berbanding terbalik dengan pernyataan Budi Harto, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) pada (11/4/2018) yang menyatakan proyek LRT dipastikan tidak akan selesai sebelum Asian Games 2018.

Kalla menuturkan, sejumlah kendala yang dihadapi dalam pembangunan LRT harus dikoordinasikan dengan berbagai unsur, mulai dari Kementerian Perhubungan, Pemprov DKI Jakarta, hingga sejumlah BUMN.

Tags : lrt asian games
Rekomendasi
Tutup