Rumah 'Mimpi' di Kampung Akuarium
Rumah 'Mimpi' di Kampung Akuarium

Rumah 'Mimpi' di Kampung Akuarium

By Ahmad Sahroji | 14 Apr 2018 15:53
Jakarta, era.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana memprioritaskan pembangunan rumah untuk warga Kampung Akuarium di Jalan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, yang pernah menjadi korban penggusuran 2016 lalu.

"Ini kan puing-puing, hancur lebur. Jadi, nomor satu harus dikembalikan adalah papan. Papan itu dimulai dengan tempat tinggal hunian supaya mereka tidak lagi kepanasan tidak lagi kedinginan," kata Anies saat mengunjungi Kampung Akuarium, Sabtu (14/4/2018).

Ia mengatakan, proses yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta saat ini ialah community action planing, yaitu menangkap aspirasi warga, berkolaborasi merancang, dan melaksanakannya.

"Tadi Ibu Yani (Lurah Penjaringan) menyerahkan maket keinginan warga membangun kembali tempat ini sesuai keinginan yang mereka inginkan," tambahnya.

Baca Juga : Kampung Akuarium Dibangun Sesuai Profil

Maket rumah warga Kampung AKuarium. (Yohanes/era.id)

Namun demikian, kata Anies, semuanya masih sebatas wacana, selama perubahan anggaran yang diajukannya untuk tahun ini belum terealisasikan.

"Begitu (laporan) itu masuk, langsung kita masukan anggaran. Kalau pemerintah kan harus pakai anggaran. Itu gambarnya sebelah sana juga sudah ada kok," kata Anies.

Penggusuran Kampung Akuarium terjadi pada Desember 2016. Saat itu, Pemprov DKI Jakarta yang dipimpin Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sudah membuktikan, warga tidak memiliki izin tinggal di sana karena tanah tersebut milik Pemprov DKI dan rencananya diperuntukkan sebagai kawasan wisata bahari.

Anies Baswedan bersama anak-anak Kampung Akuarium. (Yohanes/era.id)

Anies mendengar curhatan warga Kampung Akuarium. (Yohanes/era.id)

Setelah dua tahun pascapenggusuran, Anies mengaku bahagia melihat keadaan Kampung Akuarium sekarang.

Baca Juga : Kampung Akuarium di Era Ahok dan Anies

"Tahun lalu saya datang ke sini bertemu mereka masih dengan penuh rasa duka. Hari ini saya datang lagi ke kampung ini dan alhamdulillah yang ditemui adalah wajah yang ceria, wajah yang positif wajah yang optimis. Itulah kebahagian saya hari ini menyaksikan sebuah kampung yang semula puing warganya penuh dengan rasa duka sekarang kita berjumpa dengan kebahagiaan," ungkap Anies.

Melalui keterangan yang disampaikan warga, Anies mengatakan ada 24 warga yang meninggal akibat tidak memiliki tempat tinggal. Ke depannya, Anies berjanji akan membangun kembali kampung ini demi menghadirkan keberpihakannya terhadap warga Kampung Akuarium.

"Kita akan berpihak ke mereka yang disingkirkan terzalimi dan Kampung Akuarium adalah salah satu tempat yang paling otentik sebagai bukti betapa keberpihakkan tidak hadir pada mereka," kata dia.

Rekomendasi
Tutup