Beredar Kabar Fadli Zon Siap Mundur dari DPR Jika Habib Rizieq Shihab Dipenjara, Cek Faktanya

| 29 Jun 2021 11:35
Beredar Kabar Fadli Zon Siap Mundur dari DPR Jika Habib Rizieq Shihab Dipenjara, Cek Faktanya
Fadli Zon dan Habib Rizieq (Foto: dok. Twitter Fadli Zon)

ERA.id - Beredar informasi yang menyebut jika Fadli Zon siap mundur dari DPR jika Habib Rizieq Shihab sampai dipenjara. 

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir laman turnbackhoax.id, kabar tersebut tidak benar dan merupakan isu lama. 

Isu tersebut kembali diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna Ernie_es yang memposting sebuah foto hasil tangkapan layar judul sebuah artikel dari situs Kaskus yang berjudul "Fadli Zon: Kalau Habib Rizieq Dipenjara, Saya Mundur dari DPR Saja!".

Berdasarkan hasil penelusuran, unggahan tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Tidak ada pemberitaan yang valid terkait Fadli Zon yang mengancam mundur dari DPR jika Rizieq Shihab dipenjara. 

Pemberitaan yang beredar terkait Fadli Zon dan Rizieq Shihab adalah bahwa Fadli menyatakan dirinya bersedia untuk menjamin penangguhan penahanan terhadap Rizieq yang dimuat di situs CNN Indonesia pada Desember 2020 lalu, serta kritik Fadli terhadap vonis yang dijatuhkan kepada Rizieq yang dimuat oleh detikNews pada 25 Juni 2021.

Sebelumnya, foto hasil tangkapan layar dari artikel yang serupa juga pernah beredar di Facebook pada Desember 2020 yang lalu. 

Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul artikel “[SALAH] “Fadli Zon : Kalau Habib Rizieq Dipenjara , Saya Mundur dari DPR Saja!” yang diunggah pada 24 Desember 2020.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh pengguna Twitter dengan nama pengguna Ernie_es tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

Rekomendasi