Ferdinand Sarankan Anies Minta Maaf kepada Bangsa Indonesia Soal Surat Sumbangan ke Dubes Asing: Lebih Baik Mundur, Bikin Malu!

Tim Editor

Gubernur DKI Anies Baswedan (Foto: Antara)

ERA.id - Pemprov DKI Jakarta disebut telah menarik surat permohonan sumbangan COVID-19 yang dialamatkan kepada semua kedutaan besar (dubes) negara asing di Ibu Kota. Hal itu dilakukan setelah Kementerian Luar Negeri RI turun tangan.

Meski begitu, kritik terus saja terlontar, khususnya kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Salah satunya dari mantan politikus Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean.

Ia mengatakan Anies seharusnya meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia, sebab telah membuat malu Indonesia dan seolah tak mampu atasi pandemi COVID-19.

"Meski bukan @aniesbaswedan yg tanda tangani surat ke Kedubes yg mengemis bantuan itu, menurut sy Anies hrs minta maaf secara resmi kpd bangsa ini krn perbuatannya telah mempermalukan Indonesia dgn stigma seolah Indonesia tak lg mampu tangani covid," cuit Ferdinand di akun Twitternya, Jumat (2/7/2021)

"Itu kalau dia cinta Indonesia!" tambah dia.

Ferdinand juga menyarankan agar mantan Mendikbud itu mundur dari jabatannya sebagai orang nomor satu di DKI. Hal itu karena tindakan Pemprov DKI meminta bantuan kepada dubes negara asing telah menabrak etika ketatanegaraan.

"Selain harus minta maaf secara resmi kepada Bangsa Indonesia karena telah mempermalukan Indonesia di mata dunia, sdr @aniesbaswedan mestinya lbh elegan mundur dr jabatannya," kata Ferdinand.

"Menabrak etika ketatanegaraan & mempermalukan Indonesia adalah wujud nyata fakir nasionalisme thdp NKRI.!" lanjut dia.

Sebelumnya, beredar sebuah surat yang tertanggal Senin, 28 Juni 2021 dan diteken oleh Kepala Biro Kerja Sama Daerah DKI Jakarta Andhika Permata viral di media sosial. 

Surat tersebut ditujukan untuk kedutaan besar negara asing yang ada di Jakarta, yang salah satu isinya Pemprov DKI Jakarta beserta Gugus Tugas Penanganan Covid-19 tengah melakukan upaya penanganan pasien positif Covid-19 dan meminta sumbangan kepada para duta besar asing.

Berikut isi lengkap surat tersebut, yang pernah diulas ERA.id dalam sebuah artikel berjudul Viral! Anies Surati Dubes Asing Minta Bantuan Soal COVID-19, Denny Siregar: Mending Kirim Ustaz Andalan Anda untuk Donasi

Tag: viral anies baswedan covid-19 di indonesia corona Ferdinand Hutahaean Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dubes asing

Bagikan: