Jembatan Widang-Babat Dijanjikan Beres Sebelum Mudik

Tim Editor

Jembatan Widang-Babat (Foto: Istimewa/era.id)

Jakarta, era.id - Kementerian Pekerjaan Umum (PU) memastikan perbaikan jembatan Widang-Babat di Tuban, Jawa Timur yang kemarin ambrol segera dilakukan. Targetnya, pada musim mudik, seluruh perbaikan jembatan dapat dibereskan.

"Mendekati mudik, hari ini mudah-mudahan sudah kita kirim peralatan atau perangkat bajanya untuk mengganti jembatan tersebut. Mudah-mudahan 45 hari sebelum mudik sudah bisa dilewati," tutur Menteri PU, Basuki Hadimuljono di Jakarta, Kamis (18/4/2018).

Menurut Basuki, yang terpenting sekarang adalah melakukan pengecekan secara komprehensif terhadap segala kerusakan yang terjadi di jembatan. Dengan begitu, estimasi perbaikan jembatan akan lebih akurat.

"Kami berharap fondasinya tidak ikut rusak. Kalau fondasinya rusak, berarti lebih lama karena kita harus pasang bailey dulu," kata Basuki.
 


Lebih lanjut, Basuki menampik berbagai  tanggapan yang menyebut pemerintah dan otoritas terkait lalai terhadap pemeliharaan dan pemeriksaan berkala terhadap kondisi jembatan-jembatan di Indonesia.

Sebelumnya, Kadiv Humas Mabes Polri, Kombes Pol Setyo Wasisto menjelaskan, dugaan sementara penyebab ambruknya jembatan adalah karena kelebihan beban.

Menurutnya, setiap jembatan nasional di Indonesia memiliki spesifikasi yang sama, termasuk kemampuan jembatan menampung beban, yakni 45 ton.

"Kita akan hitung beban yang bekerja di situ berapa tapi kalau kita lihat yang lewat kemudian ada data-datanya sebenarnya di situ hampir 60 persen lebih bebannya," ungkap Setyo.

Tag: konstruksi rusak jembatan widang-babat

Bagikan: