ICW Luncurkan Akademi Antikorupsi
 ICW Luncurkan Akademi Antikorupsi

ICW Luncurkan Akademi Antikorupsi

By bagus santosa | 19 Apr 2018 15:32
Jakarta, era.id - lndonesia Corruption Watch (ICW) mengajak para pelajar tingkat SMA, mahasiswa dan masyarakat luas untuk belajar cara melawan korupsi melalui Akademi Antikorupsi. Pembelajaran antikorupsi ini bisa diikuti secara gratis melalui website akademi.antikorupsi.org.

Koordinator ICW Adnan Topan mengatakan, kehadiran Akademi Antikorupsi dilatarbelakangi oleh keprihatinan terhadap korupsi yang masih menjadi persoalan utama bangsa ini. Korupsi, tambahnya, menjadi penghalang utama untuk mengejar kemajuan ekonomi dan mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera. Sekalipun penegakan hukum dilakukan, sambung Topan, korupsi masih hidup dengan subur bahkan dengan modus yang semakin canggih.

"Kita perlu mempelajari segala aspek tentang korupsi supaya bisa melawan korupsi," kata Adnan saat peluncuran Akademi Antikorupsi di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan, Kamis (19/4/2018).

Dalam tahun pertama ini Akademi Antikorupsi menawarkan 6 mata kuliah, yaitu Pengantar Korupsi untuk Remaja, Pengantar Korupsi untuk Mahasiswa/Dewasa, Pedagogi Kritis dan Pendidikan Antikorupsi, Sosiologi Korupsi, Pengantar Hukum Korupsi, serta Korupsi dan Kemiskinan.

Kuliah tersebut diberikan oleh para aktivis antikorupsi serta dosen tamu dari kalangan akademisi maupun praktisi dalam pemberantasan korupsi. Pola pengarajan akan dibuat semenarik mungkin dengan animasi atau video. Setelah menyelesaikan ke-6 mata kuliah tersebut, peserta dinyatakan lulus dan mendapatkan serifikat kelulusan Akademi Antikorupsi.

Selain menawarkan pembelajaran antikorupsi melalui media online, Akademi Antikorupsi juga mengembangkan pendidikan antikorupsi melalui kelas tatap muka maupun penggabungan antara keduanya.

Akademi Antikorupsi ini juga menjalin kerja sama dengan kalangan perguruan tinggi maupun institusi lain yang berminat menyelenggarakan pendidikan antikorupsi.

Acara peluncuran ini juga disaksikan Ketua KPK Agus Rahadjo, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, serta sejumlah perwakilan masyarakat sipil.

Acara peluncuran Akademi Antikorupsi (Yohanes/era.id)

Rekomendasi
Tutup