Tak Disangka, Begini Respons Gibran Usai Diisukan Lumpuh Total karena Corona

| 22 Jul 2021 15:25
Tak Disangka, Begini Respons Gibran Usai Diisukan Lumpuh Total karena Corona
Hoaks Gibran lumpuh total. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka akhirnya menanggapi isu yang menyebut bahwa dirinya lumpuh total akibat virus corona yang menggerogoti tubuhnya.

Isu Gibran lumpuh total pertama kali diunggah oleh channel YouTube SUARA POLITIK dengan mengunggah sebuah video yang berjudul "BERITA TERBARU HARI INI~ISTANA BANJIR TANGIS,VIRUS MENGGROGOTI TUBUHNYA HINGGA BEGINI~VIRAL NEWS JKW" pada 16 Juli 2021. 

NARASI:

BERITA TERBARU HARI INI~ISTANA BANJIR TANGIS,VIRUS MENGGROGOTI TUBUHNYA HINGGA BEGINI~VIRAL NEWS JKW

NARASI DALAM GAMBAR:

LUMPUH TOTAL !!!

KABAR DUKA ISTANA

KONDISI GIBRAN SEMAKIN MEMPRIHATINKAN,ISTANA BANJIR TANGIS

Setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, video tersebut tidak memberitakan tentang kondisi terkini Gibran Rakabuming Raka setelah dinyatakan positif Covid-19 pada tanggal 12 Juli 2021 lalu, melainkan menceritakan tentang bagaimana Gibran dapat terpapar virus Corona. 

Dalam video tersebut, dijelaskan bahwa kemungkinan Gibran terpapar virus Corona setelah melakukan pemantauan ke beberapa rumah sakit.

Melansir dari Republika, Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih menyatakan pada tanggal 19 Juli 2021 bahwa kondisi terkini dari Gibran masih baik dan tanpa gejala. Siti juga menjelaskan bahwa selama melakukan isolasi mandiri, Gibran tetap selalu berkoordinasi dengan para staf dan pejabat daerah lainnya melalui aplikasi Zoom maupun telepon.

Pada artikel sebelumnya, Gibran Nyatakan Dirinya Negatif COVID-19, Tapi Belum Bisa Kerja Maksimal, ERA.id telah menulis artikel bahwa Gibran kini dinyatakan negatif COVID-19 usai menjalani isolasi mandiri selama satu pekan. Hal ini disampaikan Gibran melalui aplikasi pesan WhatsApp pada wartawan, Rabu (2/7/2021). 

Gibran sendiri menanggai santai isu dirinya lumpuh total akibat corona. Dalam postingan akun Instagram @gus_raharjo, Gibran menanggapi dengan tertawa.

"Sing Gawe Konten dan pemilik Youtube Ini Biadab..!!!! Akun Youtube itu sudah Sering Sekali buat Judul dan Tumbnail yang menyesatkan Dan Fitnah," tulis narasi pada postingan akun @gus_raharjo yang memperlihatkan thumbnail YouTube SUARA POLITIK.

"Semoga @divisihumaspolri bisa menindak Pemilik Akun Youtube Suara politik itu. Dalam masa pandemi seperti ini Masih saja buat propaganda Yang meresahkan. Mas Gibran Baik baik saja , Karena Hanya OTG kebetulan Positif, Jadi hanya Cukup Isoman," tambah dia.

Gibran pun menanggapi dengan tertawa. "Wkwkkwkwk," tulis akun pribadi @Gibran_Rakabuming.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh kanal YouTube dengan nama pengguna “SUARA POLITIK” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

Rekomendasi