Kapal Dishub Meledak 8 Orang Terluka

| 22 Apr 2018 14:35
Kapal Dishub Meledak 8 Orang Terluka
Ilustrasi Kapal Dishub yang meledak (Rahmad/era.id)
Jakarta, era.id - Sebuah kapal cepat milik Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta meledak di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. Delapan orang penumpangnya terluka akibat ledakan itu.

Hal itu dibenarkan oleh Wakil Kepala Dishub DKI Jakarta Sigit Widjatmoko, ia menjelaskan kapal tersebut rencananya akan membawa 47 orang rombongan Unit Pengelola (UP) Perparkiran kembali pulang dari giat pembinaan di Pulau Panggang. Namun, belum sempat kapal berangkat mesin kapal tiba-tiba meledak.

"Saat mesin kapal mulai dihidupkan selang 5-10 detik kemudian terjadi ledakan dari bagian belakang kapal tempat di mana penumpang masuk ke kabin kapal," ucap Sigit saat dikonfirmasi era.id, Minggu (22/4/2018).

Sigit menerangkan, saat kejadian meledak ada sekitar 8 penumpang yang berada di bagian belakang bersiap masuk keruang kabin. Korban luka akibat uap panas mesin.

"5 dari penumpang terkena langsung ledakan dan mengakibatkan luka bakar akibat uap panas mesin," lanjutnya.

Ditambahkan Sigit, seluruh penumpang merupakan pegawai Dishub. Dan telah dievakuasi untuk mendapat perawatan di RSUD Koja dan RSUD Pulau Pramuka.

"Dengan kondisi patah kaki Dhani G (kasubag TU) Achdin, (kasubag Keuangan) luka bakar sebagian dan sesak nafas karena jatuh dan tertimpa korban lainnya ke dalam, Anton (Kasatpel sarpras) dan putranya mengalami luka bakar. Haribowo dan Didi (Kasatpel Jakpus dan selatan) mengalami luka bakar. Saudara Alan, Maryunas dan Iim mengalami luka bakar," papar Sigit.

Atas kejadian itu, Dinas Perhubungan telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan KNKT untuk menyelidiki penyebab mesin kapal yang meledak.

"Saya perintahkan Ka UP APK Dishub untuk koordinasi dan melaporkan peristiwa tersebut ke Pihak Polres dan KNKT untuk penyelidikannya," tambah Sigit.

Rekomendasi