Sandi Evaluasi Prasarana Ujian UNBK di Jakarta

Tim Editor

Sandiaga Uno (Diah/era.id)

Jakarta, era.id - Beberapa jaringan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di wilayah DKI Jakarta sempat terkendala (offline) selama 15 menit. Diketahui, kendala tersebut berasal dari pusat (server).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan akan mengevaluasi pelaksanaan UNBK di Ibu Kota. Sandi ingin mengetahui permasalahan apa yang terjadi.

"Kita lihat tentunya yang ada di lapangan. Sekarang kita coba kroscek dengan data-data dan perencanaan. Kita lihat evaluasi apa yang perlu lakukan untuk perbaikan," kata Sandi di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (23/4/2018).

Evaluasi yang akan dilakukan bukan kegiatan sidak ke sekolah-sekolah. Sandi menyebut kesiapan prasarana digital penunjang UNBK di SMP maupun SMA.

"Saya ingatkan kesiapan kita. Kalau kita mau pakai teknologi digital dalam zaman now, ya, kita harus pastikan infrastrukturnya siap, dan ini menjadi bahan evaluasi kita," jelas sandi.



Pelaksanaan UNBK dimulai dari kategori SMK tanggal 2-5 April 2018 lalu. Selanjutnya UNBK SMA dan Madrasah Aliyah (MA) pada 9-12 April dan UN susulan SMK, SMA dan MA pada 17 April-18 April.

Saat ini sedang berlangsung UNBK tingkat SMP dan MTs. UNBK untuk tingkat ini akan berlangsung hingga 26 April dan ujian susulannya pada 8-9 Mei.

Baca Juga : Ujian Nasional dengan Soal Tingkat Tinggi

Namun bila dilihat pada laman UNBK 2018 tertera pengumuman yang bertuliskan Maintenance Server Pusat pada hari ini pukul 08.28 WIB.

"Saat ini server pusat sedang maintenance yang menyebabkan server sekolah berstatus offline. Jika siswa sedsng mengerjakan soal, silakan siswa tetap diminta melanjutkan tes. Jika siswa masih belum masuk ke halaman soal, siswa diminta menunggu hingga status server aktif agar bisa merilis token," tulis pengumuman tersebut.

Tag: 100 hari anies-sandi ujian nasional

Bagikan: