Heboh! Jasad Ulama di Lombok Diduga Hilang Saat Dimakamkan, Ternyata Ulama Tarekat Naqsyabandiyah

| 10 Aug 2021 13:10
Heboh! Jasad Ulama di Lombok Diduga Hilang Saat Dimakamkan, Ternyata Ulama Tarekat Naqsyabandiyah
Jasad ulama di Lombok diduga hilang saat dimakamkan. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Warganet dihebohkan dengan beredarnya sebuah video di media sosial terkait prosesi pemakaman seorang ulama yang dikenal sebagai Tuan Guru Haji Lalu Albyani Akbar. Jasad tokoh agama yang diketahui sebagai pimpinan tarekat Naqsyabandiyah itu diduga hilang saat dimakamkan.

Peristiwa itu terjadi pada Minggu (8/8) di Desa Padamara, Kec Sukamulia, Lombok Timur. Dalam video yang beredar, tampak beberapa beberapa orang masuk ke liang kubur untuk meletakkan jasad sang ulama.

Namun, tiba-tiba keanehan terjadi. Dilihat ERA.id di akun Instagram Smart Gram, tampak sejumlah pelayat menangis dan menyebut bahwa jasad Tuan Guru Haji Lalu Albyani Akbar hilang.

Hal itu terlihat dari kain kafan yang membalut jasad sang ulama yang tampak kempis.

Syahnil, salah satu murid Tuan Guru Haji Lalu Albyani Akbar mengatakan bahwa peristiwa jasad sang ulama kempis terjadi usai jenazah diazankan.

"Ada tiga orang yang turun ke liang lahat, selesai diazankan, kain kafannya kempis. Pas ada isinya kan ada bentuknya, tapi setelah selesai diazankan mengempis," kata Syahnil kepada ERA.id, Selasa (10/8/2021).

Ia pun membenarkan video yang beredar di media sosial terkait hilangnya jasad sang guru. Syahnil menyebut bahwa sesuai aturan yang diyakini dalam tarekat, usai jenazah dimasukkan ke dalam liang lahat, maka tak boleh lagi diangkat.

"Video yang beredar di medsos benar. Tapi, tidak boleh diangkat setelah diazankan, hilangnya selesai diazankan," kata dia.

"Salah satu petugas dan keluarganya sempat pingsan saat mengetahui kejadian itu," tambah dia.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui pasti apa penyebab hilang atau kempisnya jasad sang ulama usai dimakamkan.

Menanggapi peristiwa jasad Tuan Guru Haji Lalu Albyani Akbar diduga hilang saat dimakamkan, warganet pun mengomentari beragam.

"Mau tau amalan beliau dong.. yg keluarga nya cba DM saya," ujar akun @reza_ahma***.

"Positif aja. yg aku tau klo sprti itu dosa*nya telah diampuni oleh allah," kata akun @julfa_fau***.

"Klo bener trs kmana jasad nya 😢," kata akun @sarii_ni***.

Rekomendasi