Kebakaran di Sumur Minyak Aceh Timur
Kebakaran di Sumur Minyak Aceh Timur

Kebakaran di Sumur Minyak Aceh Timur

By akuntono | 25 Apr 2018 10:20
Jakarta, era.id - Terjadi kebakaran di dapur pengeboran minyak mentah di Desa Pasir Putih, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Rabu (25/4/2018) pukul 02.05 WIB. Dugaan sementara, kebakaran sumur minyak ini terjadi akibat percikan api dari seorang pekerja yang melakukan pengelasan pipa untuk dimasukkan ke dalam sumur.

Kronologi kejadian kebakaran ini bermula dari temuan hasil produksi berlebih minyak mentah di sumur sedalam lebih kurang 250 meter tersebut. Pada pukul 00.00 WIB, akibat dari kelebihan produksi ini, masyarakat setempat akhirnya mengumpulkan minyak di sekitar sumur menggunakan drum.

Pukul 01.30 WIB warga menyebut ada percikan api yang muncul di sekitar lokasi sumur bor tersebut, dan seketika api langsung menyambar ke sekitaran sumur. Warga yang berada di sekitar sumur minyak tidak sempat menyelamatkan diri, hingga akhirnya pukul 02.30 WIB dua unit pemadam kebakaran tiba di lokasi untuk memadamkan api.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Timur beserta tim sudah berada di lokasi untuk memantau dan bekerja sama dengan camat setempat. BPBD mendata korban-korban jiwa dan terdampak dari kejadian ini, serta mengevakuasi dan menenangkan warga sekitar yang panik.

Setelah melakukan pendataan, ditemukan 10 korban meninggal dunia dan tiga unit rumah hangus terbakar. BPBD Aceh Timur dan Pertamina saat ini sedang berkoordinasi mengerahkan teknologi khusus untuk memadamkan api, sebab hingga pukul 07.20 WIB api belum berhasil dipadamkan.

Rekomendasi
Tutup