Kronologi Kebakaran Sumur Minyak di Aceh
Kronologi Kebakaran Sumur Minyak di Aceh

Kronologi Kebakaran Sumur Minyak di Aceh

By bagus santosa | 25 Apr 2018 12:28
Aceh, era.id - Penyelidikan kebakaran dapur pengeboran minyak mentah yang tedjadi di Desa Pasir Putih, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Rabu (25/4/2018) dini hari tadi terus dilakukan. 

Informasi yang dihimpun era.id, menurut keterangan yang diterima dari warga setempat, kejadian bermula pada pukul 24.00 WIB, saat sumur yang tengah dibor secara tradisional milik salah seorang warga mengeluarkan minyak dan gas. 

Bersamaan dengan itu, sejumlah warga datang untuk mengambil minyak yang keluar dengan cara dileles. Diduga, lebih dari 10 warga ikut mengambil tumpahan minyak. 

Ketika warga tengah sibuk mengambil minyak itulah, sekitar pukul 01.30, terjadi ledakan yang sekaligus mengakibatkan kebakaran. Seketika, api langsung menyambar ke sekitaran sumur. 

Warga yang berada di sekitar sumur minyak tidak sempat menyelamatkan diri. Pemadam kebakaran baru datang satu jam kemudian untuk untuk memadamkan api.

Belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran. Namun, dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat percikan api dari seorang pekerja yang melakukan pengelasan pipa untuk dimasukkan ke dalam sumur.

Baca Juga : Kebakaran di Sumur Minyak Aceh Timur

Atas kejadian tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur dan camat setempat menemukan 10 korban jiwa yang baru enam orang diketahui identitasnya. Terjadi kendala dalam proses evakuasi jenazah lantaran hingga pagi ini api belum berhasil dipadamkan.

Selain korban jiwa, ada 19 warga lain yang mengalami luka bakar. Saat ini, seluruh korban luka telah dievakuasi ke rumah sakit terdekat. Akibat kejadian ini pula, lima unit rumah hangus terbakar.

Rekomendasi
Tutup