Ustaz Yahya Waloni Dikabarkan Meninggal Dunia karena COVID-19, UAS Ungkap Kesedihan, Benarkah?

| 20 Aug 2021 16:28
Ustaz Yahya Waloni Dikabarkan Meninggal Dunia karena COVID-19, UAS Ungkap Kesedihan, Benarkah?
Yahya Waloni terbaring sakit dan diinfus (Twitter @Fkadrun)

ERA.id - Beredar informasi yang menyebut bahwa Ustaz Yahya Waloni meninggal dunia akibat terpapar COVID-19. Kabar tersebut diunggah lewat video oleh channel YouTube bernama Pena Istana dengan judul "U4S SANGAT TERPUKUL DIT1INGGAL S4HABATNYA". 

Gambar thumbnail video tersebut menggunakan foto Ustad Abdul Somad (UAS) yang tertunduk di depan sebuah makam dengan gambar Ustaz Yahya Waloni yang tengah terbaring sakit. 

Di dalam gambar juga tertulis bahwa UAS tertunduk sedih ditinggal pergi oleh Yahya Waloni. Semenjak diunggah pada 15 Agustus 2021, video ini telah ditonton sebanyak 51 ribu kali dari kanal YouTube.

Setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, informasi yang menyatakan bahwa seolah-olah Ustaz Yahya Waloni telah meninggal dunia adalah hoaks. 

Sampai saat ini belum ada keterangan lebih lanjut mengenai kabar kesehatan dari Ustaz Yahya, setelah dikabarkan mengidap sebuah penyakit dan juga terpapar Covid-19. 

Jika memperhatikan keseluruhan video tersebut, tidak ditemukan informasi apapun mengenai kabar baru dari Ustaz Yahya Waloni. Video tersebut hanya diisi dengan narasi berupa opini dan komentar-komentar tentang Ustaz Yahya Waloni.

Gambar Ustadz Abdul Somad yang tertunduk di depan sebuah makam adalah gambar yang diambil dari media sosial Instagram pribadinya, @ustadabdulsomad_official. Ustaz Abdul Somad belum lama ini menceritakan kesedihannya setelah ditinggal oleh sahabat lamanya yang sudah ia kenal dari tahun 1995.

Jadi dapat disimpulkan bahwa informasi yang menyebutkan bahwa Ustaz Yahya Waloni telah meninggal dunia adalah informasi hoaks kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Rekomendasi