Viral! Jenazah Pria di Manado Masih Utuh Meski Sudah Dikubur 11 Tahun, Netizen: Mungkin Beliau Dermawan Saat Hidup

| 21 Aug 2021 13:02
Viral! Jenazah Pria di Manado Masih Utuh Meski Sudah Dikubur 11 Tahun, Netizen: Mungkin Beliau Dermawan Saat Hidup
Viral jenazah di Manado utuh meski dikubur selama 11 tahun. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Warganet dibuat heboh dengan beredarnya sebuah video yang memperlihatkan jenazah seorang pria di Kota Manado, Sulawesi Utara, masih utuh meski telah dikubur selama 11 tahun.

Peristiwa ini terjadi ketika petugas ingin merelokasi pekuburan Winangun dan memindahkan beberapa peti mati. Namun, salah satu peti yang terbuka, menunjukan jika jenazah di dalam peti berwarna putih itu masih utuh.

Dilihat ERA.id, dalam video yang diunggah akun Instagram Memomedos, tampak jenazah masih menggunakan setelan jas dan celana bahan berwarna hitam. 

Kemudian tak terlihat adanya kerusakan pada bagian tubuh jenazah. Bahkan rambut jenazah tersebut masih utuh dan belum ada yang rontok dari kepala.

Sejumlah warga menduga jika utuhnya jenazah akibat penggunaan formalin yang kuat, serta jenazah dibungkus dengan plastik sehingga masih awet.

"Mungkin saat dikuburkan, sempat digunakan formalin yang kuat, jadi masih awet sampai sekarang," ujar beberapa warga, dikutip dari manadobacirita.

Tak ketinggalan warganet yang menyaksikan video tersebut pun turut berkomentar. Ada yang menyebut bahwa awetnya jenazah karena penggunaan formalin, namun ada pula yang menyebut hal itu berkaitan dengan kebaikan almarhum selama hidup.

"Positif aja mungkin beliau dermawan yang ahli dalam bersedekah kepada sesama dan org2 sekitar yg kurang mampu , makanya ALLAH menjaga jasad beliau dari cacing dan hewan2 lain dalam tanah agar tk menyentuh jasadnya 🙏 maaf jika salah," ujar akun @mpangestu***.

"D formalin mngkin sebelum dkuburnya," tulis akun @_donipr***.

"Sampe peti nya pun bersih ga kotor sama sekali," ujar akun sintawa***.

Sekadar informasi, jenazah utuh tersebut berada di pekuburan Winangun, yang akan direlokasi, setelah pada akhir Januari 2021 lalu, terjadi kerusakan parah. Saat itu, pekuburan yang terletak di pinggir jalan mengalami longsor dan menutupi jalan.

Pemerintah Kota Manado sendiri, sejak satu pekan terakhir ini mulai melakukan relokasi, di mana seluruh jenazah diangkat dan rencananya akan dipindahkan di pekuburan lainnya.

Rekomendasi