Kementerian BUMN Didesak Buka Rekaman Rini-Sofyan

Tim Editor

Ilustrasi (era.id)

Jakarta, era.id – Pemerhati Telematika dan Multimedia Roy Suryo mendesak pihak Kementerian BUMN untuk membuka secara transparan rekaman percakapan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dengan Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir. Tujuannya, kata dia, supaya tidak menimbulkan multipersepsi dari apa yang dibicarakan.

"Saya mendesak pihak Kementerian BUMN untuk membuka secara transparan rekaman asli atau utuh yang dikatakan 'sudah diedit' tersebut, sehingga tidak menimbulkan multipersepsi," kata Roy kepada era.id, Sabtu (28/4/2018).

Rekaman percakapan yang kini beredar luas di media sosial itu memang jadi perbincangan karena terselip dugaan membahas soal bagi-bagi fee proyek. Kementerian BUMN membenarkan adanya perbincangan tersebut. Tapi mereka membantah bila disebut perbincangan itu membahas pembagian fee proyek.

Mereka mengklaim, rekaman itu telah diedit sedemikian rupa. Padahal, percakapan yang sebenarnya membahas tentang rencana investasi proyek penyediaan energi yang melibatkan PLN dan Pertamina.

Baca Juga : Kementerian BUMN Benarkan Percakapan Rini-Sofyan

Roy Suryo mendorong pihak berwajib mengusut tuntas kasus ini, termasuk mengungkap pihak yang membocorkan dan mengedit rekaman suara itu. Sebab, menurutnya, rekaman ini menimbulkan citra negatif untuk bangsa ini.



"Mendesak pihak berwajib, dalam hal ini Mabes Polri, untuk mengungkap siapa pembocor dan pengedit rekaman tersebut bilamana ada, demi transparansi semua pihak," ujar Roy.

"Ini bisa disebut sebagai skandal memalukan di republik yang kita cintai," sambungnya.

Roy menambahkan, tak perlu lagi mempersoalkan rekaman tersebut asli atau palsu. Katanya, sekarang ini mudah untuk menguji keaslian rekaman suara.

"Kalau memang diperlukan, Bareskrim Polri saya kira langsung bisa memvalidasinya," ujar Roy.


(Unggahan pertama rekaman Rini-Sofyan lewat om_gadun yang kini berubah jadi pertahanan_sipil/era.id)

Rekaman percakapan Rini-Sofyan ini pertama kali diunggah akun instagram om_gadun, Jumat (27/4) dengan caption 'Dashyaaatttt...!!!! Mau kelanjutanhya? Om butuh 1000 likes #MafiaMigas #RIwayarpertaminakiNI', om_gadun mengunggah sebuah video yang berisi rekaman percakapan dengan cover tulisan 'Rini Soemarno' dan ' Sofyan Basir'. Akun ini belakangan mengubah nama menjadi walikota_parung. Kini, akun tersebut mengubah nama dengan pertahanan_sipil.
 

Tag: bumn rini soemarno pln pertamina rekaman rini soemarno

Bagikan: