Satpol PP Akan Tambah Personel Amankan CFD

Tim Editor

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Yani Wahyu Purwoko. (Leo/era.id)

Jakarta, era.id - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta, Yani Wahyu Purwoko mengatakan, akan ada penambahan personel Satpol PP untuk mengawasi kegiatan car free day (CFD) di Bundaran HI, Jakarta. Hal itu menyusul insiden persekusi yang terjadi pada Minggu (29/4/2018) kemarin.

Yani mengatakan, personel Satpol PP akan ditambah sebanyak 50 personel untuk berjaga dari Patung Kuda sampai Bundaran Hotel Indonesia (HI).

"Kemarinkan 150 personel, kita pastikan tambahin lagi 50 jadi 200 personel," kata Yani di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (30/4/2018). 

Yani menambahkan, Satpol PP tidak memiliki wewenang dalam menentukan apakah suatu kegiatan di CFD mengandung unsur politik atau tidak. Namun, Yani menyebut jika pihaknya menemukan persekusi seperti di CFD kemarin, maka akan ditindak.

Baca Juga : Ada Persekusi di Car Free Day Jakarta
 


"Kalau itu dipandang bisa mengakibatkan suasana tidak tenteram, tidak tertib masuklah petugas saya," kata Yani.

Dalam sebuah video yang diunggah akun Instragram @negativisme sekelompok orang yang mengenakan kaus bertuliskan #2019GantiPresiden melakukan persekusi terhadap tiga orang yang mengenakan kaus bertuliskan #DiaSibukKerja.

Baca Juga : Pelaku Persekusi di CFD Dilaporkan ke Polisi

Belum diketahui ke mana afiliasi politik tiga orang yang mengenakan kaus #DiaSibukKerja tersebut. Namun sejumlah netizen menduga mereka adalah pendukung calon petahana Presiden Joko Widodo. 

Video berdurasi satu menit itu jelas memperlihatkan tindakan tidak etis yang dilakukan sekelompok orang yang mengenakan kaus bertuliskan #2019Ganti Presiden. Mereka mengibaskan uang pecahan Rp100.000 kepada ketiga orang tersebut, sambil menyoraki.

Tag: satpol pp persekusi pemprov dki jakarta

Bagikan: