Kemendikbud Evaluasi Pelaksanaan UNBK

Tim Editor

    Sedang memuat podcast...

    Mendikbud Muhadjir Effendy. (Fitria/era.id)

    Jakarta, era.id - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan melakukan evaluasi terkait pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018. 

    Hal ini terkait dengan adanya laporan siswa SMA yang menyebutkan bahwa soal matematika dalam UNBK bukan merupakan materi yang pernah diajarkan selama tiga tahun di SMA.

    "Kemarin sudah kita kabarkan tentang hasil dari ujian nasional pasti kita akan evaluasi di mana kelemahan yang harus membutuhkan penguatan. Karena untuk impelementasi dari HOTS itu memang melibatkan banyak elemen," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Kantor Kemendikbud, Jakarta Selatan, Rabu (2/4/2018). 

    Dia menambahkan, jenis soal yang terdapat dalam mata pelajaran matematika UNBK kali ini termasuk Higher Order Thinking Skill (HOTS) atau soal penalaran. 


    (Infografis soal UNBK yang sulit/era.id)

    Implementasi sistem ini, kata Muhadjir memang perlu melibatkan banyak komponen. Mulai dari sektor konten, metedologi, pembelajaran, kesiapan guru dan murid, hingga sarana dan prasarana.

    Dikarenakan populasi di Indonesia sangat besar, lanjut Muhadjir, pihaknya akan melakukan evaluasi dan melihat wilayah mana yang harus ada afirmasi dengan diberlakukannya soal ujian berstandar HOTS.

    "Kita lihat secara menyeluruh memang Indonesia snagat besar populasi pelajarnya, yaitu untuk ikut ujian ada 28 juta (pelajar) dan jadi memang sangat besar. Jadi tidak mungkin dilaksanakan secara serta merta," ujar Muhadjir. 

    Baca Juga : Menakar Ujian Nasional pada Mutu Pendidikan Indonesia

    Meski demikian, Muhadjir mengaku diperlukan waktu untuk menerapkan ujian berstandar HOTS. Penerapan HOTS dalam soal matematika mengacu pada standar internasional bernama Programme for International Student Assessment (PISA). 

    PISA merupakan sistem ujian yang diinisiasi oleh Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) untuk mengevaluasi sistem pendidikan dari 72 negara di seluruh dunia. 

    Tag: unbk riwayat pendidikan tri mumpuni era pendidikan ujian nasional

    Bagikan :