Diplomasi Bulu Tangkis Jokowi dengan Sultan Brunei
Diplomasi Bulu Tangkis Jokowi dengan Sultan Brunei

Diplomasi Bulu Tangkis Jokowi dengan Sultan Brunei

By Aditya Fajar | 03 May 2018 21:19
Jakarta, era.id - Yang Di-Pertuan Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah mengunjungi Presiden Joko Widodo di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Keduanya bertemu dalam acara pameran pertahanan Indonesia di Mabes Cilangkap.

Presiden Jokowi pun mengajak Sultan bermain bulu tangkis di GOR Ahmad Yani, masih di kompleks Mabes TNI, Cilangkap, sambil menawarkan sejumlah alusista buatan Indonesia kepada Sultan.

"Ini persahabatan antara negara kan tidak selalu dilakukan dalam sebuah forum yang formal saja. Ada yang namanya soft diplomasi, dan memang saya tahu Sultan Haji Hassanal Bolkiah memang hobinya badminton," kata Jokowi di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap, Kamis (3/5/2018).

Pertandingan bulu tangkis antara Presiden Jokowi melawan Sultan Haji Hassanal Bolkiah berlangsung sengit. Skor keduanya pun imbang 25-25, Jokowi mengaku kesulitan bertanding melawan Sultan sampai bercucuran keringat.

"Ini lho keringatnya keluar dua ember tadi. Jadi seger, fresh. Yang penting tamunya terlayani dan senang. Inilah bagian persahabatan antarnegara," tambah Jokowi.

Tawarkan Alusista Buatan Indonesia

Tak hanya bertanding bulu tangkis saja, Sultan Haji Hassanal Bolkiah sempat ditawari Presiden Jokowi untuk membeli alutsista buatan Indonesia. Presiden Jokowi menawarkan kapal dan pesawat untuk digunakan Brunei Darussalam.

"Kita juga tadi menawarkan kapal, beliau tadi menyampaikan masih dihitung-hitung dulu. Kita juga menyampaikan untuk pembelian pesawat CN, beliau menyampaikan kita masih dihitung-hitung dulu. Tadi sudah langsung dipanggil menterinya," papar Jokowi.

Kata Jokowi, Brunei sepakat untuk membeli sejumlah alusista buatan Indonesia. Kendati tak merinci alusista apa yang dibeli Brunei, Jokowi mengatakan, Sultan Bolkiah tertarik dengan Tank Anoa buatan PT Pindad.

"Iya tadi sudah dalam proses dan memang kita sudah perintahkan untuk segera diproses mengenai pembelian yang ada di Pindad. Baik berupa senjata maupun tank anoa," sambungnya.

"Tapi yang sudah jelas, tadi adalah dengan Pindad untuk senjata dan tank anoa," imbuhnya.

Selain Jokowi, para menteri kabinet seperti Mensesneg Pratikno, Menko Polhukam Wiranto, dan Menlu Retno LP Marsudi juga menghadiri acara itu.

Tags : jokowi
Rekomendasi
Tutup