Kolaborasi PDIP dan Ruangguru Demi Kemajuan Pendidikan
Kolaborasi PDIP dan Ruangguru Demi Kemajuan Pendidikan

Kolaborasi PDIP dan Ruangguru Demi Kemajuan Pendidikan

By Aditya Fajar | 04 May 2018 14:22
Jakarta, era.id - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto bersama Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengunjungi startup di bidang pendidikan, ruangguru.com. Hasto ingin membahas pengembangan materi pendidikan dengan bekerjasama dengan startup yang sedang naik daun ini.

"Kami ingin menghadirkan pendidikan untuk semua, sehingga mereka yang di gunung-gunung pun itu, selama ada akses internet, mereka bisa mendapatkan bagaimana materi pendidikan dengan kualitas terbaik," kata Hasto di Kantor Ruangguru, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (4/5/2018).

Hasto beserta rombongan langsung bertemu dengan CEO Ruangguru, Adamas Belva Syah Devara. Mereka langsung mengobrol dan berkeliling di kantor Ruangguru.

PDIP memilih lembaga pendidikan Ruangguru karena, sudah terbukti memberikan terobosan baru dalam dunia pendidikan. Buktinya, kehadiran Ruangguru sudah banyak mendapat apresiasi dari banyak pihak, termasuk Presiden Joko Widodo.

"Dalam rangka Hari Pendidikan Nasional, kami lihat apa yang dilakukan Ruangguru, terobosan untuk menghadirkan pendidikan semua. Partai memberikan apresiasi. Kami berpikir terbuka dan gagasan positif untuk Indonesia raya," kata Hasto.

PDIP akan mengintruksikan seluruh kepala daerah dan anggota-anggota DPRD, baik provinsi maupun kabupaten/kota untuk mengimplementasikan penggunaan bahan ajar berbasis digital tersebut kepada masyarakat. Dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas ditunjuk PDIP untuk memimpin kerja sama ini. Azwar Anas dipandang sebagai sosok yang mumpuni karena sudah pengalaman mengelola hal serupa di daerahnya.

"DPP PDIP menugaskan Pak Anas yang sudah mempraktikan di daerahnya sebagai team leadernya. Beliau bersama Risma (Tri Rismaharini), wali kota Semarang, dan Bupati Tabanan menjadi project team-nya untuk menginplementasikan," kata Hasto. Dalam kesempatan itu Hasto juga menyerahkan buku Soekarno yang berjudul di bawah bendera revolusi. 

Belva selaku penggagas dari Ruangguru menyambut baik rencana kerja sama tersebut. Dia berharap kerja sama pendidikan ini dapat dimanfaatkan semua kalangan baik guru maupun para siswa.

"Kami menyambut baik kunjungan dari Pak Anas dari Pak Hasto. Sekarang juga sudah dipakai oleh anak-anak SD dan SMP di Banyuwangi karena sudah diimplementasikan oleh Pak Anas. Kami berharap bisa akan bekerjasama lebih lanjut karena pendidikan tidak bisa disave oleh hanya satu orang dan satu organisasi harus bekerja secara bersama," ujar Belva.

Dikutip dari laman website resminya, Ruangguru adalah penyedia konten pendidikan berbasis teknologi dan telah memiliki lebih dari 6 juta pengguna serta mengelola lebih dari 150 ribu guru yang menawarkan jasa lebih dari 100 bidang pelajaran. Perusahaan ini memiliki aplikasi yang berisi konten-konten pelajaran mulai dari SD hingga SMA. Didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman. Mereka berdua, masuk dalam jajaran pengusaha sukses di bawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk teknologi konsumen di Asia.

Rekomendasi
Tutup