Aktivitas Politik Dekat Area CFD
Aktivitas Politik Dekat Area CFD

Aktivitas Politik Dekat Area CFD

By akuntono | 06 May 2018 09:57
Jakarta, era.id - Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman menghadiri deklarasi akbar relawan #2019GantiPresiden di dekat lokasi berlangsungnya car free day (CFD) di Pintu Masuk Monas, Jakarta Pusat, Minggu (6/5/2018). Habiburokhman menyebut, kegiatan ini adalah wujud kebebasan menggunakan hak konstitusional dan HAM. 

Menurut dia, semua warga berhak mengenakan kaus #2019GantiPresiden sebagai bentuk kebebasan berekspresi. Sebagai Ketua Dewan Pembina Advokat Cinta Tanah Air, Habiburokhman menyampaikan akan mendampingi warga jika mendapat intimidasi karena mengenakan atribut acara.

"Jadi rekan-rekan saudaraku kalau ada yang dapatkan intimdiasi, kalau ada yang dapat persoalan hukum karena pakai atribut #2019GantiPresiden bisa lapor kepada ACTA," seru Habiburokhman. 

Baca Juga : CFD Harus Terbebas dari Kegiatan Politik

Saking semangatnya, Habiburokhman lalu menyindir larangan berkegiatan politik di tempat ibadah dan saat berlangsungnya car free day (CFD).

"Kalau di masjid enggak boleh berpolitik, kalau di CFD enggak boleh berpolitik, mungkin ini bukan di Jakarta, mungkin itu di Korut (Korea Utara)," ujar Habiburokhman. 

Di lokasi yang sama, hadir juga Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera dan Neno Warisman. Keduanya sempat berorasi, bahkan Mardani membacakan teks deklarasi yang berisi keprihatinan atas kemiskinan, ketidakadilan, ketidak-berpihakan, dan ancaman terhadap kedaulatan, serta krisis kepemimpinan di Indonesia.

Wakil Gubernur DKI Jakarta sebelumnya mengatakan pihaknya melarang berbagai kegiatan kampanye saat berlangsung CFD. Larangan tersebut diterapkan kepada siapa pun tanpa pandang bulu. Adapun area berlangsungnya CFD adalah sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin, atau dari Patung Pemuda Membangun di Senayan hingga Patung Kuda di simpang Jalan MH Thamrin-Medan Merdeka.

"Bukan hanya kepada #GantiPresiden2019 tapi kepada semuanya pergub akan ditegakkan," kata Sandi di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (4/5/2018).

Baca Juga : Personel Satpol PP yang Amankan CFD Akan Ditambah

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, polisi akan mendukung Pemprov DKI soal larangan melakukan kegiatan politik saat berlangsung CFD di kawasan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta Pusat. 

"Kami sepakat menegakkan aturan ini dengan Pemda. Misalnya ada yang melakukan kami akan bubarkan, (diberikan) tindakan tegas. Kami akan back up penuh dengan kepolisian dan Pemda," ujar Argo, Sabtu (5/5/2018).

Deklarasi ganti presiden, di Patung Kuda, sekitar Monas, Jakarta Pusat, Minggu (6/5/2018). (Fitria/era.id)

Rekomendasi
Tutup