Pertemuan Zulkifli dan Gatot Tidak Bahas Koalisi
Pertemuan Zulkifli dan Gatot Tidak Bahas Koalisi

Pertemuan Zulkifli dan Gatot Tidak Bahas Koalisi

By bagus santosa | 08 May 2018 12:34
Jakarta, era.id - Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo mendatangi Gedung Parlemen untuk bertemu Ketua MPR Zulkifli Hasan. Pertemuan tersebut dilakukan tertutup untuk awak media.

Usai pertemuan, Zulkifli menyinggung sosok di sebelahnya adalah figur calon presiden (capres) pada Pemilu 2019. Sosok di sebelah Zulkifli yang dimaksud adalah Gatot. 

"Saya terima capres ini. Mentang-mentang Pak Gatot yang datang ramai sekali," katanya, di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Baca Juga : Gatot Laris Manis, Tapi Cuma di Ormas

Menurut Zulkifli, dia memang mengundang figur-figur yang namanya masuk dalam bursa capres 2019. Sebelum Gatot, Zulkifli melakukan pertemuan dengan mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli.

"Saya hari-hari ini memang mengundang tokoh-tokoh nasional terutama tokoh yang muncul capres untuk Pilpres 2019 mendatang," kata Ketua Umum PAN ini.

Di sisi lain, Zulkifli menerangkan, Pemilihan Presiden atau Pemilihan Legislatif merupakan pesta demokrasi biasa yang terjadi lima tahun sekali. Karena itu, dia mengingatkan supaya gelaran ini tidak berujung pada runcingnya perbedaan sesama anak bangsa.

Baca Juga : Dukungan untuk Gatot Nyapres Bakal Sia-sia

"Kita tahu, ada yang melanjutkan, ada yang ingin ganti presiden, ada yang baru, itu biasa. Yang enggak biasa itu kalau berantem. Oleh karena itu harus kita cegah. Saya mengundang sebagai Ketua MPR, pak Gatot dan tokoh-tokoh yang lain untuk memperkuat persatuan. Menjahit kembali merah putih kita," ujarnya.

"Partai boleh beda, dukungan capres boleh beda, tapi merah putih kita tetap sama. Untuk memperkokoh merah putih kita, saya menggagas pemilu aman, pilpres damai," kata dia.

(Infografis survei Median yang digelar pada 24 Maret-6 April/era.id)

Sementara itu, Gatot Nutmantyo menampik kunjungannya ini merupakan langkah mencari dukungan sebagai capres pada Pemilu 2019. Dia mengatakan, pertemuan dengan Zulkifli membahas kekhawatiran dan aspirasi masyarakat yang muncul belakangan ini. Dia sadar, MPR bukanlah tempat yang cocok membahas koalisi buat Pemilu 2019.

"Saya datang ke sini temui Pak Zul sebagai Ketua MPR, saya sebagai rakyat menyampaikan aspirasi dan kekhawatiran rakyat," kata Gatot.

"Tidak etis kalau saya bicara koalisi di sini," tambahnya.

Dalam pertemuan ini, sejumlah elite PAN hadir menemani Zulkifli. Di antaranya adalah Sekretaris Jenderal PAN Eddy Suparno yang datang mengenakan batik berwarna biru.

Rekomendasi
Tutup