DPR Bakal Cari Kronologi Kerusuhan Mako Brimob
DPR Bakal Cari Kronologi Kerusuhan Mako Brimob

DPR Bakal Cari Kronologi Kerusuhan Mako Brimob

By Ahmad Sahroji | 11 May 2018 14:31
Jakarta, era.id - Komisi III DPR akan berkunjung ke Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Senin (14/5) mendatang. Kunjungan itu merupakan tindak lanjut atas insiden kerusuhan narapidana terorisme di Mako Brimob yang menewaskan lima anggota kepolisian dan satu napi teroris.

"Teman-teman Komisi III hari Senin tanggal 14 kami akan berkunjung ke Mako Brimob mencari informasi (kerusuhan) tadi ya," kata anggota Komisi III DPR RI Hinca Panjaitan saat ditemui di kediaman mantan Presiden RI kelima, Susilo Bambang Yudhoyono, Jumat (11/5/2018). 

Rencananya, dalam kunjungan tersebut, Komisi III DPR akan mencari tahu kronologi kerusuhan, penyelesaian peristiwa, termasuk mencari tahu standar operasional prosedur (SOP) yang diterapkan di Rutan Mako Brimob.

"Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan di masyarakat. Pertanyaan kita sih, gimana kondisinya, bagaimana SOP di situ, apa yang sebenarnya yang terjadi, bagaimana itu bisa terjadi, lalu bagaimana itu mengatasinya," ujar Hinca.

Baca Juga : Kerusuhan di Mako Brimob dan Pertanyaan Tak Terjawab

(Infografis/era.id)

Hinca menambahkan, kejadian ini merupakan peristiwa luar biasa, dan perlu perhatian lebih pemerintah.

Baca Juga : Mako Brimob Tidak Layak Untuk Napi Teroris

"Paling tidak hari ini pelajaran yang sangat mahal yang kita ambil, dan saya ingin tidak hanya di kepolisian, Presiden Jokowi harus concern betul soal itu, karena ini persoalan sangat serius," katanya.

Meski demikian, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat itu mengapresiasi kinerja kepolisian yang cepat melokalisasi kawasan Mako Brimob saat terjadi kerusuhan. Ia juga mengucapkan bela sungkawa mendalam atas gugurnya lima anggota kepolisian dalam peristiwa tersebut. 

"Turut bela sungkawa atas gugurnya putra terbaik kepolisian kita sebagai kusuma bangsa," ucap dia.

Baca Juga : Kerusuhan Mako Brimob Jadi Pelajaran Berharga untuk Polisi?

(Infografis/era.id)

Rekomendasi
Tutup