Viral Pekan Ini, Kerusuhan Mako Brimob Hingga Erupsi Merapi

Tim Editor
Jakarta, Era.id - Di pekan kedua Mei 2018, berbagai informasi mewarnai pemberitaan di tanah air. Seperti biasa, setiap minggu era.id memilih 5 berita yang paling hangat dibicarakan. Ini dia rangkuman peristiwa viral tersebut. Oiya, jangan lupa tonton videonya juga ya fellas!  

1. Kerusuhan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok 
Kerusuhan berujung penyanderaan anggota polisi terjadi di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok Jawa Barat pada Selasa (8/5/2018). 5 anggota polisi dan 1 orang napi terorisme tewas dalam insiden ini. 3 dari 6 blok di Mako Brimob dikuasai para napi teroris. 36 jam kemudian, napi teroris akhirnya menyerahkan diri setelah kepolisian melakukan pendekatan lunak atau soft approach dengan para napi. 155 napi teroris yang ikut kerusuhan, akhirnya dipindahkan ke Lapas Nusakambangan.

2. Erupsi Freatik Gunung Merapi
Gunung Merapi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, erupsi pada Jumat (11/5/2018) sekitar pukul 07.40 WIB. Erupsi disebabkan oleh letusan freatik, yaitu dorongan tekanan uap air yang terjadi akibat kontak massa air dengan panas di bawah kawah Gunung Merapi. Dampaknya, terjadi hujan abu di sekitar Gunung Merapi, khususnya di bagian selatan. Ketika erupsi, sekitar 160 pendaki sedang berada di radius 1 kilometer dari puncak kawah. Seluruh pendaki dinyatakan selamat. Meski tidak ada korban jiwa, namun delapan orang pendaki mengalami luka-luka dan trauma. Lebih dari 8.000 jiwa yang tinggal di lereng selatan Gunung Merapi di wilayah Kabupaten Sleman melakukan evakuasi mandiri.

3. Met Gala 2018
Sederet selebritis dan tokoh terkenal meramaikan Met Gala 2018 di Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat (AS) pada senin (7/5/2018). Tema yang diangkat adalah 'Heavenly Bodies: Fashion and The Catholic Imagination'. Para artis dan fesyen desainer menampilkan karya terbaik mereka. Seperti penyanyi dan aktris Rihanna yang memakai kostum dengan serangkaian mutiara, dan Madonna yang tampil bak ratu ditambah aksesori mahkota buatan desainer tanah air, Rinaldy Yunardi. Ada juga penyanyi Katy Perry yang datang dengan balutan gaun bersayap, dibuat khusus dari Atelier Versace.

4. Gugatan Eks Perhimpunan HTI Ditolak 
Majelis Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) DKI Jakarta menolak gugatan eks perhimpunan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Dengan begitu, Majelis hakim menganggap SK Kemenkumham tentang pembubaran HTI tetap berlaku sesuai dengan aturan. Dalam pertimbangannya, majelis hakim mengatakan pemikiran HTI diyakini berupaya mengganti Pancasila. 

5. Ujian SBMPTN 2018 
Ujian tulis SBMPTN 2018 dilaksanakan serentak pada selasa (8/5/2018) di 42 Panitia Lokal (Panlok) yang terdiri dari 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. Sebanyak 860.001 orang bertarung memperebutkan kursi di perguruan tinggi negeri favorit. Nah, hasil ujian SBMPTN 2018 ini akan diumumkan pada tanggal 3 Juli 2018.

Tag: viral anak nonton porno kerusuhan di mako brimob merapi met gala 2018 pengumuman sbmptn 2018 hti

Bagikan: