Heboh! Indonesia Didiskualifikasi dari Piala AFF karena Aksi Asnawi Meledek Pemain Singapura, Benarkah?

Tim Editor

Asnawi Mangkualam meledek pemain Singapura yang gagal mengeksekusi penalti. (Tangkap layar Instagram/PSSI)

ERA.id - Beredar informasi di media sosial yang menyebut Timnas Indonesia didiskualifikasi dari Piala AFF 2020. Hal itu lantaran aksi viral Kapten Timnas Asnawi Mangkualam yang dianggap meledek pemain Singapura saat gagal mengeksekusi pinalti.

Dalam pertandingan Timnas Indonesia melawan Singapura di leg 2 semifinal Piala AFF 2020, Squad Garuda berhasil menundukkan lawan dengan agregat 4-2 dan bakal melenggang ke final Piala AFF 2020.

Namun, pada momen tersebut aksi Kapten Timnas Indonesia Asnawi berhasil mencuri perhatian dan viral di media sosial. Saat itu, Asnawi mengucapkan sesuatu ke Faris Ramli, pemain Singapura usai tendangan penaltinya ditepis kiper Nadeo Argawinata.


Asnawi tampak mendatangi Ramli dan mengucapkan sesuatu di depan wajah Ramli. Sekilas, ia seperti mengucapkan, "Thank you, thank you."

Setelah aksi viral kocak pada pertandingan di National Stadium, Sabtu (25/12) itu beredar informasi yang menyebut bahwa Timnas Indonesia kena sanksi diskualifikasi karena dianggap melecehkan pemain Singapura.

Setelah ditelusuri, faktanya informasi tersebut merupakan hoaks.

Berikut hoaks Timnas Indonesia didiskualifikasi yang beredar di pesan berantai WhatsApp:

Indonesia Didiskualifikasi Akibat Pemainnya Terbukti Melecehkan Pemain Singapura Sesaat Gagal Esekusi Pinalti

Berdasarkan Laporan Tim Pengawas Penyelenggara Piala AFF 2021 tentang hasil tes ulang rekaman pertandingan bahwa telah terbukti pemain Indonesia melakukan kesalahan sehingga merugikan Tim Singapura. Pemain tsb adalah Asnawi Mangkualam yang telah dinyatakan positif bersalah saat mengucapkan kata-kata kepada Faris Ramli sebagai Tim Singapura yang gagal membuahkan gol pinalti pada pertandingan Sabtu (25/12) di Stadion Singapura.

FIFA memutuskan bahwa seluruh gol Indonesia ke gawang Singapura sebanyak 4 gol dinyatakan tidak sah dan dianulir.
Asosiasi sepakbola tertinggi itu pun memutuskan untuk merubah skor pertandingan menjadi Singapura (4) dan Indonesia (2).



Dengan demikian Singapura berhak lolos ke Final menggantikan Indonesia.

Selain itu berdasarkan temuan tersebut, Asnawi Mangkualam dikenakan denda sebesar € 10.000 atau sekitar Rp 166.243.000 dan dijatuhi hukuman larangan bermain selama 6 (enam) bulan di ajang internasional AFF. PSSI juga dikenakan denda sebesar € 50.000 atau sekitar Rp 831.215.000.

Tulisan di atas adalah contoh cerita fiksi (khayalan)

untuk pendukung Tim Singapura yang gagal lolos ke babak Final😊

Tag: berita hoaks viral timnas indonesia cek fakta asnawi mangkualam piala aff profil asnawi mangkualam piala AFF 2020

Bagikan: