20 Tahun Reformasi, Anwar Ibrahim Bertemu BJ Habibie

| 20 May 2018 14:21
20 Tahun Reformasi, Anwar Ibrahim Bertemu BJ Habibie
(Instagram: anwaribrahim_my)
Jakarta, era.id - Ketua Umum Partai Keadilan Rakyat Malaysia Anwar Ibrahim bertamu ke rumah Presiden RI Bacharuddin Jusuf Habibie, Jakarta, Minggu (20/5/2018). 

Pada akun Instagram Anwar, anwaribrahim_my, dinyatakan pertemuan ini terkait Peringatan 20 Tahun Reformasi.

"Hari ini saya ke Jakarta atas undangan mantan Presiden Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, sempena sambutan ulangtahun ke-20 Reformasi Indonesia," kata Anwar Ibrahim dalam akun Instagramnya.

Anwar Ibrahim berkata, tahun 1998 adalah tahun yang bersejarah bagi Malaysia dan Indonesia. Pada Mei 1998, Indonesia mengalami sejarah jatuhnya rezim Orde Baru dan menunjuk BJ Habibie sebagai presiden.

Sedangkan pada 2 September 1998, Malaysia memasuki kepemimpinan rezim Barisan Nasional yang kemudian jatuh setelah dua dekade kemudian, yakni pada 9 Mei 2018.

"Saya percaya pertemuan dan perbincangan dengan Presiden Habibie akan mengeratkan lagi hubungan di antara dua negara kita, serta memperkukuh iltizam melaksana agenda reformasi di Malaysia," tutur Anwar Ibrahim.

 

 

Jemputan ke Jakarta sempena sambutan 20 tahun Reformasi Indonesia Hari ini saya ke Jakarta atas undangan mantan Presiden Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, sempena sambutan ulangtahun ke-20 Reformasi Indonesia. Tahun 1998 adalah tahun keramat bagi Malaysia dan Indonesia. 21 Mei 1998 diingati rakyat Indonesia sebagai tarikh jatuhnya rejim Orde Lama dan bermulanya zaman peralihan kuasa serta pengukuhan institusi-institusi demokrasi yang berlaku dengan pentadbiran Presiden BJ Habibie. Manakala 2 September 1998 diingati rakyat Malaysia sebagai tarikh bermulanya kejatuhan rejim Barisan Nasional yang akhirnya selesai hampir dua dekad kemudian pada 9 Mei 2018. Saya percaya pertemuan dan perbincangan dengan Presiden Habibie akan mengeratkan lagi hubungan di antara dua negara kita, serta memperkukuh iltizam melaksana agenda reformasi di Malaysia. Anwar Ibrahim Ketua Umum KEADILAN Ketua Umum Pakatan Harapan

A post shared by Anwar Ibrahim (@anwaribrahim_my) on

Dilansir dari Antara, Anwar Ibrahim adalah tokoh politik senior yang sempat menjadi lawan politik Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. Keduanya berselisih pada periode krisis Asia 1998 hingga kemudian Anwar yang saat itu menjabat Menteri Keuangan dan deputi perdana menteri, dicopot dari jabatannya dan kemudian dipenjarakan oleh Mahathir.

Dalam pemilihan umum 2018, Anwar yang dibebaskan pada 16 Mei lalu setelah mendapat pengampunan dari Raja Malaysia, justru berkoalisi dengan Mahathir yang kembali dilantik sebagai perdana menteri pada usia 92 tahun. Mahathir pun menyatakan akan menyerahkan kepemimpinannya kepada Anwar dalam dua tahun ke depan.

Rekomendasi