Mudik Lebaran, 68 Rest Area Disiapkan

| 22 May 2018 16:05
Mudik Lebaran, 68 <i>Rest</i> Area Disiapkan
Jalan tol (Foto: Jasa Marga)
Jakarta, era.id - Jasa Marga siapkan 68 rest area menyambut arus mudik dan balik Lebaran 2018. Rest area tersebut terdiri dari tempat istirahat dan pelayanan (TIP), tempat istirahat (TI), parking bay (PB), dan tempat istirahat sementara (TIS). Sejumlah rest area itu tersebar di jalan tol operasi dan jalan tol fungsional Lebaran yang membentang dari Jakarta hingga Surabaya.

"Di rest area jalan tol operasi dan jalan tol baru, Jasa Marga telah menambah kapasitas toilet, khususnya toilet wanita, yaitu 77 unit. Sedangkan di rest area di jalan tol fungsional, Jasa Marga telah menempatkan sejumlah toilet portabel sejumlah 316 unit," kata AVP Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru, lewat keterangan tertulisnya, Selasa (22/5/2018).

Baca Juga: Prediksi Kemacetan Saat Mudik Lebaran

Jasa Marga memastikan, seluruh toilet di rest area tidak dipungut biaya. Jika ada pungutan liar dan penyimpangan yang ditemukan di fasilitas yang disediakan, Jasa Marga mengimbau masyarakat untuk lapor ke call center Jasa Marga. 

Untuk memastikan arus kendaraan di rest area terdistribusi dengan baik, telah dibuat sistem zoning atau manajemen lalu lintas di dalam rest area.

"Dengan diterapkannya sistem zoning tersebut, akan dibuat jalur khusus antara kendaraan yang ingin mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM), menuju toilet, atau tempat makan agar arus lalin terdistribusi dengan baik. Jasa Marga juga mengoptimalisasi kapasitas parkir di rest area dengan tidak menambah area komersial di area parkir," lanjut Heru.

Baca Juga: Jusuf Kalla: Mudik Indikator Kesejahteraan Daerah 

Pada pelaksanaan pengamanan arus mudik dan balik lebaran tahun ini, Jasa Marga juga memastikan kesiapan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dan kecukupan BBM bagi para pemudik dengan menambah kios BBM atau SPBU portabel yang bekerja sama dengan Pertamina. Hal ini ditujukan untuk mengantisipasi kepadatan antrean di SPBU.

Rekomendasi