Viral Video Tenaga Kerja China Menyamar Jadi Driver Ojol Menangis Tak Bisa Pulang ke Negaranya, Benarkah?

Tim Editor

Pengemudi ojol (tangkapan layar)

ERA.id - Beredar video yang disebut Tenaga Kerja China yang menyamar menjadi pengemudi ojek online diunggah Akun Facebook Nurjannah Putri Sulut. 

Dikutip dari Turnbackhoax.id, dalam unggahannya, Nurjannah Puti Sulut menyebut tenaga kerja China itu menyamar menjadi pengemudi ojek online di Indonesia dan tak bisa kembali ke negaranya.

Berikut penelusuran Turnbackhoax.id


NARASI: “BUKTI NYATA …
KATANYA TENAGA AHLI TERNYATA TKChina INI JADI OJOL, DI INDONESIA APA GAK ADA YANG BISA BEKERJA SAMPAI PERLU DATANGIN TENAGA AHLI OJOL DARI TKChina🤦
TKChina nyamar jadi tukang gojek dari Citayam ngantar ke Cipayung eh gak bisa pulang ke tempat persembunyiannya …. malah nangis pake bahasa Chino 🤪🤪🤪🤪🤪😭😭😭😭😭😭krn gak bisa bhs Indonesia.”

PENJELASAN: Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, termasuk “Konteks yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”


Turnbackhoax.id



SUMBER membagikan video rekaman pengemudi Gojek Vietnam yang sedang berbicara menggunakan bahasa Vietnam dengan menambahkan narasi yang memelintir konteks, sehingga membangun kesimpulan KELIRU.

Bagikan: