Lepas Pensiunan PNS Termasuk Pamannya Sendiri, Gibran: Selamat Pensiun Pakde, Lebih Banyak Habiskan Waktu dengan Cucu Ya

| 31 Jan 2022 16:22
Lepas Pensiunan PNS Termasuk Pamannya Sendiri, Gibran: Selamat Pensiun Pakde, Lebih Banyak Habiskan Waktu dengan Cucu Ya
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Dok. Pemkot Solo)

ERA.id - Hari ini Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melepas 37 pegawai negeri sipil (PNS) Pemerintah Kota (Pemkot) Solo yang masuk masa purnatugas.

Salah satunya yang turut serta pensiun yakni paman Gibran yang juga adik dari Iriana Joko Widodo, Haryanto.

Saat dikonfirmasi, Gibran membenarkan dirinya melepas pakdenya untuk purnatugas. Haryanto menjelang masa purnatugasnya mengajar sebagai guru olahraga di SMPN 10 Solo.

”Iya, ini ada Pakde saya. Selamat menikmati masa pensiun, sekarang bisa lebih banyak menghabiskan waktu dengan cucu,” kata Gibran usai acara perpisahan, Senin (31/1/2022).

Selain mengapresiasi pakdenya, Gibran juga menyemangatti guru-guru lainnya yang sama-sama sedang dalam masa purnatugas. Ia berterimakasih dengan pengabdian yang diberikan oleh para guru-guru ini.

”Mereka guru yang luar biasa, pengabdiannya sampai hari tua, dedikasinya tidak lain untuk pendidikan anak-anak kita,” katanya.

Sementara Haryanto sendiri menceritakan dirinya sudah menjadi guru sejak tahun 1983. Ia megawali pengabdiannya sebagai guru di SMPN 14 Solo selama tiga tahun. Kemudian ia dimutasi di SMPN 19 dan mengajar di sekolah tersebut selama 32 tahun. Baru kemudian di SMPN 10 Solo selama lima tahun dan akhirnya menyelesaikan masa tugas.

”Terima kasih pada Pemkot Solo, pada Bapak Wali Kota yang menyerahkan SK pensiun ini. Saya merasa dan teman-teman merasa mendapat perhatian ,” katanya.

Saat ditanya kegiatan usai memasuki masa pensiun, ia mengaku tidak banyak acara. Dirinya mengamini pernyataan Gibran tentang momong cucu di masa pensiun.

”Seperti pesannya Pak Wali tadi, paling ya momong cucu,” katanya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Solo Dwi Ariyatno menambahkan ada 37 PNS yang memasuki masa purnatugas. Rinciannya meliputi pejabat struktural eselon II (jabatan pimpinan pratama), empat pejabat struktural eselon IV, fungsional guru 25 orang dan fungsional lainnya sembilan orang. Dwi juga menambahkan, lima orang diantaranya yang masuk masa purna tugas dikarenakan meninggal dunia.

”Mulai 1 Februari 2022 mereka sudah mencapai usia pensiun dan sudah tidak bertugas lagi,” katanya.



Rekomendasi