Mahfud MD 'Skakmat' Ustaz Khalid Basalamah yang Sebut Wayang Lebih Baik Dimusnahkan: Beragama yang Enak Saja, Tapi Jangan Seenaknya..

| 14 Feb 2022 10:40
Mahfud MD 'Skakmat' Ustaz Khalid Basalamah yang Sebut Wayang Lebih Baik Dimusnahkan: Beragama yang Enak Saja, Tapi Jangan Seenaknya..
Mahfud MD. (Foto: Antaranews)

ERA.id - Nama pendakwah Ustaz Khalid Basalamah mendadak jadi perbincangan warganet setelah video potongan ceramahnya kembali viral di media sosial.

Dalam video ceramah yang diunggah kanal YouTube Yarif TV, Khalid Basalamah menyinggung soal hukum wayang. Menurut dia, Islam melarang bermain maupun menonton wayang.

"Kalau memang itu (wayang) peninggalan nenek moyang kita, mungkin kita bisa kenang, 'Oh ini tradisinya orang dulu seperti ini'. Tapi kan bukan berarti itu harus dilakukan, sementara dalam Islam itu dilarang," kata Khalid menjawab pertanyaan jemaah soal hukum wayang dalam Islam.

"Kita sudah muslim, harusnya kita tinggalkan," sambung dia.

Tak hanya itu, lanjut Khalid, seandainya para dalang tersebut masih memiliki wayang, Khalid menyarankan untuk bertaubat dan wayangnya dimusnahkan.

Ustaz Khalid Basalamah

"Kalau dia punya (wayang) maka lebih baik dimusnahkannya dan dihilangkan," tambah dia.

Video ceramah tersebut rupanya mendapat respons beragam dari sejumlah tokoh. Salah satunya Menko Polhukam Mahfud MD.

Kendati tidak menyebut nama Khalid dalam cuitannya di Twitter. Namun, Mahfud menyinggung soal kebiasaan dirinya menunton wayang setelah salat malam.

"Tdk jarang, stlh salat malam sy mengambil waktu utk menikmati lagu2 dan nonton wayang lewat Youtube," kata Mahfud.

Mahfud lantas menambahkan bahwa dirinya kerap menonton rekaman pertunjukkan wayang Ki Enthus Susmono.

"Msl mendengar lagu2nya Los Marenos dan nonton rekaman wayangnya Ki Enthus Susmono," kata dia.

Terakhir, Mahfud MD mengingatkan agar beragama dengan enak. Namun, tidak berarti seenaknya.

"Apakah tdk mengaji Alqur'an? Ya juga, tapi bs bervariasi. Beragama yg enak sj tp jgn seenaknya," pungkas dia.

Kami juga pernah menulis soal Mahfud Pastikan Tak Beri Toleransi Terhadap Pinjol Ilegal: Itu Sebenarnya Rentenir yang Bertransformasi di Era Digital Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi