Gunung Fuego Meletus, 25 Orang Tewas

| 04 Jun 2018 12:41
Gunung Fuego Meletus, 25 Orang Tewas
Proses pencarian korban letusan Gunung Fuego (Foto: Twitter @Ejercito_GT)
Kota Guatemala, era.id - 25 orang tewas dan ratusan orang lainnya luka-luka akibat letusan Gunung Fuego di Guatemala, Minggu (3/6) kemarin.

Pemerintah Guatemala sudah memerintahkan untuk segera melakukan evakuasi penduduk di Chimaltenango, Sacatepequez dan Escuintla karena khawatir muntahan batu vulkanik dan abu. Inilah letusan kedua yang terjadi tahun ini dan menjadi yang terkuat dalam beberapa tahun terakhir.

Dan kemarin, gunung tersebut memuntahkan lava panas. CONRED, BNPB-nya Guatemala, mengatakan kalau gunung ini masih terus menunjukkan aktivitasnya, seperti dikutip dari CNN, Senin (4/6/2018).

CONRED menjelaskan, letusan itu telah menimbulkan gelombang debu lebih dari 11 kilometer di atas permukaan laut. Selain itu memicu getaran kuat yang membuat atap dan jendela rumah berjarak 20 kilometer terasa getarannya.

Gunung berapi Fuego ini terletak sekitar 50 kilometer di sebelah barat Ibu Kota Guatemala, Kota Guatemala. Setelah meletus pada siangnya, lava turun mengalir sore harinya.

Para pejabat mengatakan, korban tewas sejauh ini terkonsentrasi di tiga kota: El Rodeo, Alotenango, dan San Miguel los Lotes.

 

Tags :
Rekomendasi