Ucapkan Selamat Puasa Ramadan, Abu Janda Beri Pesan untuk Umat Nonmuslim: Silakan Makan Minum di Depan Kami, Tak Perlu Sembunyi-Sembunyi

| 02 Apr 2022 11:05
Abu Janda. (Instagram/Permadi Arya)

ERA.id - Pegiat media sosial, Permadi Arya atau yang akrab disapa Abu Janda mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan kepada umat muslim.

Tak lupa, Abu Janda juga memberi pesan kepada umat nonmuslim untuk tidak sungkan makan dan minum di bulan puasa.

"Marhaban ya Ramadhan 😇 selamat menjalankan ibadah puasa untuk umat muslim.. dan untuk yang non muslim: jalankan hidupmu seperti biasa, ngopi, nongki, di depan kami tak perlu sembunyi2.." kata Abu Janda di akun Instagramnya, Sabtu (2/4/2022).

Ia menyebut sebagai seorang muslim tak perlu minta dihargai dengan tidak makan dan minum di hadapannya saat bulan puasa.

"Karena kami bukan muslim iman lemah yang perlu dihargai dengan kalian makan minum sembunyi2 😊," kata Abu Janda.



"Mohon maaf kalo selama ini ada salah2 kata ya gaes 🙏 love u all 😘," kata dia.

Untuk diketahui, Kementerian Agama menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1443 Hijriah/2022 Masehi jatuh pada Ahad (3/4), usai diputuskan melalui sidang isbat pada Jumat (3/2).

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melaporkan berdasarkan hasil pemantauan dari 101 titik di 34 provinsi tidak melihat hilal sesuai prasyarat yang ditetapkan MABIMS, yakni ketinggian hilal 3 derajat dengan elongasi 6,4 derajat.

Ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia pada posisi 1 derajat 6,78 menit sampai 2 derajat 10,02 menit. Ini adalah posisi hilal yang berdasarkan hisab.

Sementara itu, Muhammadiyah yang menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal menilai bahwa pada Jumat 1 April 2022 M, ijtimak jelang Ramadhan 1443 H terjadi pada pukul 13:27:13 WIB. Dengan demikian, Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadan 1443H jatuh pada hari Sabtu, 2 April 2022.

 

Kami juga pernah menulis soal Aksi Bela Islam 2503 Sepi Peserta, Abu Janda: Orang Semakin Waras, Bangsa Lain Urus Planet Mars, di Sini Masih Urus Penistaan Agama Kamu bisa baca di sini

 

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi