Kerennya Trotoar Area GBK Kini

Tim Editor

Trotoar kawasan GBK (Foto: Yohanes/era.id)

Jakarta, era.id - Dua bulan jelang pelaksanaan Asian Games 2018, penataan jalur pejalan kaki atau trotoar oleh Dinas Bina Marga DKI Jakarta di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, hampir selesai.

Selain pembangunan dan renovasi area pertandingan, sarana dan prasarana penunjang acara seperti jalur pejalan kaki, juga menjadi prioritas pembangunan pemerintah untuk ajang olahraga terbesar se-Asia empat tahunan ini. 

Baca Juga: Jelang Asian Games, Pengamanan Wisma Atlet Diperketat


Trotoar kawasan GBK (Foto: Yohanes/era.id) 

Menurut pantauan era.id Kamis (7/6/2018), trotoar dengan lebar enam meter yang terbentang di sekitar Halte Lapangan Panah, jalan Gerbang Pemuda, sudah tertata rapi dan siap dilalui pejalan kaki, bahkan pengguna kursi roda.

Tekstur kasar trotoar mempermudah kaki berpijak lantaran tidak licin. Jalur kuning untuk penyadang disabilitas juga tergaris rapi di area trotoar dalam. Trotoar pun didesain landai di tiap ujungnya untuk memudahkan para pengguna kursi roda.

Di samping itu, beberapa pohon yang tertanam di sepanjang trotoar juga nampak mulai ditumbuhi daun, meskipun belum rindang.

Nantinya, trotoar akan dibuat steril dari pedagang kaki lima dan kendaraan yang parkir.

Meski demikian, di beberapa titik, trotoar masih licin akibat pasir bekas pembangunan. Penataan kabel listrik yang belum rapi juga membuat area trotoar terlihat berantakan.

Belum adanya zebra cross di jalur penyeberangan juga menyulitkan pejalan kaki untuk menyeberang lantaran tak mampu menghentikan kendaraan yang melintas. Meski begitu, lampu lalu lintas telah terlihat terpasang di jalur penyeberangan. 

Dua warga, Irfan (17) dan Iqbal (17), mengaku senang dengan perubahan wajah trotoar di kawasan stadion GBK ini.

"Jadi keren, terus luas lagi. Enak juga mas buat lari," kata kedua pelajar yang sedang jogging di trotoar tersebut.

Mereka juga mengaku tak sabar menanti gelaran Asian Games, khususnya pertandingan sepakbola.

Baca Juga: Menanti Pertunjukan Spektakuler Pembukaan Asian Games 

Selain trotoar, Gerbang Pramuka juga terlihat sedang dalam tahap penyelesaian oleh para pekerja. Terlihat, gerbang tersebut tengah dihias dengan nama di tembok depan GBK.


Lokasi tanding Asian Games 2018 (Ilustrasi: era.id) 
 

Tag: trotoar trotoar jakarta asian games 2018

Bagikan: