Koalisi Kerakyatan, Demokrat Bakal Gandeng PAN dan PKB

Tim Editor

Partai Demokrat (Foto: era.id)

Jakarta, era.id - Partai Demokrat berencana membentuk koalisi kerakyatan atau koalisi nusantara di Pemilu 2019. Ketua Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean menyebut, partainya akan menggandeng Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Untuk koalisi kerakyatan ini, saya belum bisa bicara partai mana saja. Tapi kita sedang jalin komunikasi dengan Ketua Umum PAN Zulkiflin Hasan. Dengan PKB kita juga membangun komunikasi, cuma PKB masih membangun kekuatan untuk bisa berharap dengan Pak Jokowi, tetapi semua masih akan berubah," jelas dia di Kantor DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Kamis (7/6/2018).

Menurut Ferdinand, kedua partai yang akan digandeng tersebut memiliki kesamaan pandangan bahwa perlu adanya poros alternatif dalam kontestasi politik tahun depan.

Ia melanjutkan, nantinya poros kerakyatan yang diinisiasi Partai Demokrat akan jadi pilihan alternatif bagi masyarakat yang akan kita tawarkan selain poros Jokowi dan Prabowo.

Baca Juga : Poros Tiga Makin Mustahil


(Infografis/era.id)

Baca Juga : Tandingi Jokowi dan Prabowo, Demokrat Siapkan Poros Kerakyatan

"Partai demokrat sekarang lebih ingin membentuk koalisi kerakyatan, karena di sebelah sana ada koalisi kekuasaan, di sebelah sana ada koalisi keumatan," ujarnya.

Sebelumnya, Partai Demokrat berencana akan membangun koalisi baru bernama poros kerakyatan atau poros nusantara. Arah koalisi beserta capres-cawapres poros tersebut akan diputuskan pada bulan Juli usai Pilkada Serentak 2018.

Tag: pilpres 2019 pemilu 2019 poros ketiga

Bagikan: