Dua Insiden Jelang Pertemuan Trump-Jong un

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Ilustrasi (Pixabay)

Singapura, era.id - Singapura akan menjadi pertemuan maha penting sejagat raya, Presiden AS Donald Trump dan pemimpin tertinggi Korut Kim Jong un 12 Juni mendatang. Beberapa hari jelang pertemuan itu, ada dua insiden di negeri Singapura.

Yang pertama, dua staf media Korea Selatan ditangkap karena masuk tanpa izin ke rumah duta besar Korea Utara di Singapura. Dilansir dari Facebook milik kepolisian Singapura, kedua orang yang ditangkap Kamis (7/6) itu adalah staf Korea Broadcasting System News. Ada juga dua pria lainnya yang bertindak sebagai pemandu dan penerjemah, ikutan diselidiki.

"Dua pria Korea Selatan masing-masing berusia 42 dan 45 tahun, yang mewakili Korea Broadcasting System News, telah ditangkap," kata polisi di akun Facebook seperti dilihat era.id, Jumat (8/6/2018).

Ketika ditanya tentang penangkapan, seorang juru bicara untuk Kantor Presiden Korea Selatan Gedung Biru mengatakan akan menggunakan "upaya diplomatik sepenuhnya untuk mencegah masalah seperti itu" dan mendesak para wartawan untuk "berhati-hati dan bijaksana", seperti dilansir dari Antara.

Insiden kedua adalah penahanan seorang pelawak Australia, yang dikenal karena perannya menirukan pemimpin Kim Jong un. Pelawak Howard X, yang menolak memberikan nama aslinya, mengatakan kepada Reuters bahwa ia ditahan dua jam dan ditanyai sekitar 30 menit ketika tiba pada pagi hari di bandar udara Changi, Singapura.

"Mereka bertanya kepada saya apa pandangan politik saya dan apakah saya terlibat dengan unjuk rasa di negara lain," katanya. Ia pun diberitahu untuk menjauh dari pulau Sentosa dan Shangri-La, dua wilayah ditunjuk sebagai tempat acara khusus untuk temu puncak itu.

"Mereka berkata, 'Ini adalah pertemuan puncak Trump-Kim, Anda telah datang pada waktu yang sangat sensitif'," katanya menambahkan.

Howard X berada di Singapura akhir bulan lalu, menyamar sebagai Kim Jong Un dengan latar belakang teluk di kota yang menampilkan situs-situs seperti Merlion dan Marina Bay Sands Hotel yang ikonik.

Pertemuan Trump dan Kim Jong un memang menyedot perhatian dunia. Media internasional berduyun-duyun ke Singapura. Lebih dari 3 ribu jurnalis asing diperkirakan akan datang ke Singapura untuk meliput KTT.


Ilustrasi (Pixabay)

Tag: upaya damai as-korut

Bagikan: