Beredar Foto Indomaret di Kaltim, Diduga Bangunan yang Pertama Berdiri di Indonesia

| 21 Apr 2022 14:30
Beredar Foto Indomaret di Kaltim, Diduga Bangunan yang Pertama Berdiri di Indonesia
Sebuah bangunan yang disebut sebagai Indomaret pertama di Indonesia.

ERA.id - Sebuah bangunan yang disebut sebagai Indomaret pertama di Indonesia, viral di media sosial. Bentuknya sangat sederhana.

Di bangunan itu, tertempel spanduk bertuliskan 'Indomart'. Kabarnya, toko retail modern tersebut berada di daerah Kalimantan Timur.

Setelah ditelusuri, ternyata benar adanya. Namun  masih jadi perdebatan, sebab mini market milik perusahaan Salim Group ini, juga disebut pertama kali dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada tanggal 20 Juni 1988.

Kuat dugaan, Indomaret lebih dulu dibuka di Jakarta, kemudian ekspansi ke Kaltim. Namun, dari info lain, seorang eks pegawai Indomaret di Twitter mengaku, kalau tempat kerjanya pertama kali dibuka di Kaltim.

"Ini info dah lamaaaaaaa banget tiap ada trainingan anak baru di kasih liat foto ini.. ini toko pertama di kalimantan," tulis seorang perempuan membalas unggahan @txtfrombrand.

Tak lama, komentar itu dibalas. "Betul itu di kalimantan, pasnya di Tenggarong Seberang, Desa Embalut, Kalimantan Timur."

Kenapa Indomaret bukan Indomart?

Toko pertama Indomaret awalnya dinamai Indomart. Ada dua pendapat yang menguak alasan nama Indomart berubah menjadi Indomaret.

Pertama, menyesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia. Kedua, ada yang mengatakan pada 90-an muncul peraturan pemerintah yang datang dari semangat nasionalisme bagi masyarakat.

Sehingga muncul larang merk atau brand menggunakan bahasa Inggris. Contoh seperti Palm Court menjadi Palma Citra. Begitu juga dengan Indomart yang berubah menjadi Indomaret.

Rekomendasi