Amien Rais Mencoba Naikkan Nilai Tawar PAN di Pemilu 2019

| 11 Jun 2018 13:01
Amien Rais Mencoba Naikkan Nilai Tawar PAN di Pemilu 2019
Ilustrasi (era.id)
Jakarta, era.id - Tokoh sepuh PAN Amien Rais ujug-ujug mengisyaratkan mau maju jadi capres di Pemilu 2019. Entah apa yang dipikirkan pendiri PAN itu, tapi ini bisa ditafsirkan macam-macam.

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hendrawan Supratikno menilai, pernyataan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) itu buat menaikan nilai tawar PAN. 

Baca Juga : Mbah Amien Sudah Sepuh, Jangan Perkeruh Situasi

Soalnya, sekarang ini, PAN lagi rebutan dengan PKS jadi orang kedua di belakang Partai Gerindra yang telah mendeklarasikan mendukung Prabowo Subianto jadi capres di Pemilu 2019. Nah, dengan pernyataan Amien ini, harapannya Partai Gerindra melirik PAN.

"Bisa saja pak Amien menyatakan siap jadi calon supaya posisi tawar PAN, ini kan PAN dan PKS lagi berebut untuk menjadi Cawapres pak Prabowo dengan pak Amien menyatakan begitu bisa saja supaya posisi tawar PAN meningkat," katanya, kepada era.id, di Jakarta, Senin (11/6/2018).

"Jadi pak Prabowo (nantinya) memilih orang PAN bukan PKS (sebagai pendampingnya). Kan bisa saja, kita belum tahu jelas (arahnya)," ucapnya.

Bagi PDIP, pernyataan Amien tadi bukan hal yang mengkhawatirkan. Apalagi, untuk jadi capres harus ada modal 20 persen suara parlemen dan 25 persen suara nasional untuk mendaftar ke KPU. 

Baca Juga : Sudahlah, Mbah Amien!

Hendrawan pun berdoa Amien bisa merayu partai politik lain jika ingin benar-benar maju jadi capres. Sebab, PAN pun tidak bisa sendirian untuk mendaftarkan capresnya serta harus berkoalisi dengan partai lain. 

"Selama ini terlalu banyak wacana tapi partai politik-partai politik ini masih tenang-tenang. Jadi pak Amien Rais tugasnya sekarang meyakinkan ketua umum-ketua umum partai politik bahwa dia ini layak untuk diusung, layak untuk dijual," jelasnya.

"20 persen kursi di DPR, berarti pak Amien minimal menggalang dukungan dari tiga partai politik, syukur-syukur empat. Nah kalau pak Amien bisa dapat dukungan itu boleh-boleh aja maju. Nanti kita lihat rakyat yang akan menentukan," tambah Anggota DPR Komisi XI ini.

Baca Juga : PKS: Dibanding Amien Rais, Lebih Elegan Tokoh Muda

Dilansir dari Antara, niatan Amien Rais jadi capres ini adalah hal yang serius. Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi menegaskan Amien Rais adalah sosok yang cocok jadi capres di Pemilu 2019. 

"PAN serius mencalonkan Amien Rais 'running for President 2019', dan kami memiliki alasan kuat untuk pencalonan tersebut," kata Viva Yoga di Jakarta, Minggu (11/6/2018).

Dia menilai Amien memiliki integritas sebagai pemimpin nasional, cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan cinta rakyat Indonesia. Amien juga punya konsep dan kapasitas kepemimpinan dalam memimpin perjuangan bangsa Indonesia menuju pada cita-cita nasional sesuai berdirinya NKRI.

"Amien Rais masih memiliki fisik kuat dan stamina prima dalam beraktivitas sesuai tuntutan kerja. Usia tidak menghalangi dalam menjalankan tugas pokok pekerjaan," ujarnya.

Baca Juga : Agenda di Balik Kritik Amien Rais

Di internal PAN, sejumlah nama muncul jadi capres. Selain Amien, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Dewan Penasehat PAN Soetrisno Bachir, dan mantan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa juga jadi perbincangan untuk dijadikan capres 2019. 

Ini dikatakan Amien usai menghadiri buka puasa bersama di kediaman Zulkifli Hasan, Sabtu (9/6). Ini pula diamini Viva ketika ditanya empat nama tersebut masuk dalam bursa internal PAN.

Tapi, PAN baru akan bersikap tentang pasangan calon presiden/ cawapres, melalui penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN setelah Pilkada 2018.

Rekomendasi