PAN: Kader Lebih Enjoy ke Amien Dibanding Zulkifli

Tim Editor

Zulkifli Hasan (Foto: @ZulkifliHasanOfficial)

Jakarta, era.id - Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga menampik tudingan PAN tidak kompak. Tudingan ini muncul karena Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang selalu bertolak belakang.

Zulkifli masih merasa sebagai bagian dari koalisi pendukung pemerintah. Sedangkan Amien Rais? Seperti yang kita tahu, Amien selalu mengkritik dan memosisikan diri sebagai oposisi pemerintah.

"Tidak ada perbedaan antara Pak Amien Rais dan Bang Zulkifli Hasan. Hanya beda gaya dan bahasa saja. Secara substansi, kompak dan solid," tutur Viva saat dihubungi era.id, Senin (7/5/2018).

Tapi kalau ditanya di internal, Viva memastikan, kader PAN lebih enjoy dengan Amien daripada Zulkifli. 

"Sikap Pak Amien Rais adalah sikap kritis konstruktif yang menjadi perjuangan PAN. Kader enjoy saja malah merasa bangga dengan Pak Amien," kata Viva.

Kritik Amien lebih didengar karena melihat sosoknya. Amien merupakan salah sosok yang berada di belakang lahirnya reformasi. Karenanya, Viva menilai, pernyataan Amien seringkali lebih didengar dibanding Zulkifli.

"Enggaklah. Itu sikap kritis yang normal. Tapi karena diucapkan oleh tokoh sekelas pak Amien, maka resonansinya menjadi kuat," ujar Viva.

Baca Juga : Dibanding Zulkifli, Kayaknya Amien Rais Lebih Dipercaya

Soal sikap politik Pemilu 2019, PAN sampai saat ini belum mendeklarasikan mendukung siapa. Saat ini, Pemilu 2019 baru terbentuk poros Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Kata Viva, PAN baru akan bersikap setelah Rakernas PAN dan Pilkada 2018.

Pernyataan dua tokoh PAN ini bertolak belakang. Misalnya, soal keberadaan partai berlambang matahari itu di dalam koalisi. Dalam beberapa kesempatan, Zulkifli menyatakan masih berada di koalisi pendukung pemerintah. 

Baca Juga : Amien Rais dan Zulkifli Dinilai Sedang Mainkan Drama PAN

Sedangkan Amien, selalu mengkritik pemerintah dan meminta PAN menarik diri dari koalisi pendukung pemerintah. Terakhir, dia mengkritik ada pemimpin yang sontoloyo tanpa memikirkan rakyat. Sebelumnya, Amien juga sempat menyatakan sertifikat tanah yang dilakukan pemerintah hanyalah sebuah pengibulan. Belakangan, kritik Amien dibantah pemerintah dengan data yang ada.

Kemudian, soal dukungan politik di Pemilu 2019, mereka juga berbeda pandangan. Amien Rais menginginkan adanya pergantian di kursi presiden. Sedangkan Zulkifli masih malu-malu untuk menyatakan sikap. Zulkifli bahkan mendorong Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) jadi pendamping Jokowi.

Tag: flyover pancoran zulkifli hasan amien rais

Bagikan: