Usai Cek Jalur, Puan Buka Acara Mudik Bareng

Tim Editor

Puan Maharani menghadiri acara mudik bareng PDIP. (Leo/era.id)

Jakarta, era.id - Menko PMK yang juga Ketua DPP PDIP Puan Maharani melepas ribuan pemudik dalam acara mudik gratis PDI Perjuangan di Kantor DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Puan yang mengenakan kaus berkerah dan topi merah tiba di kantor DPP pukul 09.30 WIB. Dia sempat memasuki bus yang akan berangkat untuk menyapa para penumpang dan bertanya-tanya mengenai kesiapan mereka.

"Ini seperti tahun-tahun sebelumnya, kami mengadakan mudik gratis ke Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, pada tahun ini ada 143 bus," kata Puan, Selasa (12/6/2018).

Dalam kesempatan itu, Puan menceritakan, dirinya baru pulang dari Sumatera dan Jawa untuk mengecek persiapan infrastruktur untuk menyambut mudik Lebaran 2018. Menurut Puan, sejauh ini, infrastruktur yang ada sudah siap untuk menyambut mudik tahun ini.

"Insya Allah mudik tahun ini berjalan dengan lancar, guyub, tertib, rukun, tadi saya masuk ke dalam bus yang mau menuju Jawa Tengah mereka berterimakasih bisa dibantu," kata Puan.

Puan menambahkan, peserta mudik gratis ini bisa diikuti oleh masyarakat umum selama memenuhi syarat seperti mendaftar dengan membawa kartu keluarga.

Baca Juga: PDIP Lepas 725 Pemudik Gratis

Sampai saat ini PDIP baru memfasilitasi untuk pemberangkatan mudik gratis. Untuk agenda pulang bareng gratis, Puan mengatakan, hal itu belum dikaji lebih lanjut karena sulit mengumpulkan orang yang telah pulang ke kampungnya masing-masing.

"Kalau PP itu ngumpulin-nya itu lho mereka kampungnya beda-beda, jauh-jauh itu yang menjadi salah satu hal yang perlu kami pertimbangkan," tutup Puan.

Program Mudik Gratis Bersama PDIP dengan bus ini diikuti oleh 8.104 peserta dengan rincian, Jawa Tengah sebanyak 92 bus dengan jumlah penumpang sebanyak 5.152 orang. Kemudian, keberangkatan ke Jawa Barat/Kota Cirebon menggunakan 2 unit bus dengan jumlah penumpang sebanyak 110 orang. 

Sementara, Jatim dengan jumlah bus 36 bus jumlah yang berangkat sebanyak 2.088 orang. Kemudian, Yogyakarta jumlah bus 13 bus dengan jumlah penumpang sebanyak 754 orang.  Adapun peserta mudik dengan menggunakan kereta sebanyak 725 orang.

Bagikan: