Peminat Bus Menurun di Mudik Lebaran 2018

Tim Editor

Tol Jakarta-Cikampek Rest Area KM 33 (Foto: Twitter TMC Polda Metro Jaya)

Jakarta, era.id - Angka peminat bus selama mudik Lebaran 2018 menurun signifikan. Hingga Selasa (12/6/2018) malam, Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat ada 1.398 armada bus yang berangkat.  

Jumlah ini berkurang 21 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu. Tercatat, 1.606 armada bus diberangkatkan pada H-3 Lebaran 2017.

Penurunan ini diikuti oleh penyusutan jumlah penumpang sebesar 15 persen. Tahun 2017, sebanyak 42.977 penumpang diberangkatkan, sedangkan tahun 2018 hanya ada 35.650 penumpang.

Kepala Dishub DKI Jakarta Andri Yansyah menyebut, salah satu terminal yang mengalami penurunan jumlah penumpang adalah Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara. Sementara itu, sesuai dengan hasil pengecekan, jumlah penumpang di terminal Pulo Gebang dan Kalideres tetap seimbang.

“Kita memang sejak awal juga memprediksi jumlah pemudik yang menggunakan bus itu menurun,” tutur Andri di Posko Mudik Nasional 2018, Kemenhub, Jakarta Pusat, Rabu (13/6/2018).

Menurut Andri, menurunnya jumlah penumpang bus ini dikarenakan banyak warga Jakarta dan sekitarnya yang sudah memiliki mobil pribadi. Akibatnya, warga lebih memilih untuk mudik menggunakan mobil pribadi dibandingkan dengan kendaraan umum seperti bus. 

“Tingkat kesejahteraan meningkat sehingga masyarakat bisa beli mobil. Dia beli mobil, dia harus (mudik) pakai mobil. Jadi, tingkat penggunaan pribadi meningkat,” tutur Andri.

Baca Juga: Bukan Karena Tol Trans Jawa, Ini Alasan Mudik Lancar


(Infografis: era.id)

Selain itu, banyaknya program mudik gratis juga diduga menjadi salah satu faktor penyebabnya.

“Yang pertama banyaknya mudik gratis baik dilakukan oleh pemerintah daerah, BUMN, perusahaan swasta. Kalau enggak salah mudik gratis hampir sampai kita siapkan 2655,” jelasnya. 

Tag: mudik lebaran cuti lebaran eramadan transportasi

Bagikan: