Menhub Imbau Pemudik Kembali Lebih Awal
Menhub Imbau Pemudik Kembali Lebih Awal

Menhub Imbau Pemudik Kembali Lebih Awal

By Fitria Chusna Farisa | 16 Jun 2018 19:00
Jakarta, era.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau warga supaya melakukan perjalanan balik usai merayakan Idulfitri sebelum 19 Juni 2018.

Sebab, kata Budi, pihaknya telah melakukan pemetaan terhadap arus balik yang puncaknya diperkirakan pada tanggal 19 Juni dan 20 Juni 2018.

“Kita mencoba maping, kalau dari maping kita arus balik terjadi pada tanggal 19 Juni dan 20 Juni 2018. Itu akan jadi peningkatan,” kata Budi Karya kepada wartawan di Jalan Widya Chandra, Jakarta Pusat, Sabtu (16/6/2018).

Oleh karenanya, ia meminta pemudik tidak menunggu hingga arus balik 19 dan 20 Juni 2018, supaya kepadatan dapat diminamilisir.

"Memang kita menyarankan kalau bisa awal atau setelah itu. Karena kalau di peak, akan banyak sekali yang balik,” ungkap Budi.

"Itu yang kita harapkan, kita berikan informasi supaya mereka lebih fleksibel dalam melakukan perjalanan,” sambungnya. 

Untuk menekan kepadatan arus balik, Budi menyebut pihaknya juga menyediakan angkutan arus balik gratis. Rencananya, angkutan gratis ini akan diberangkatkan pada hari ketiga setelah lebaran. Angkutan arus balik ini, kata Budi, mendapat antusiasme yang sangat baik. 

Baca Juga: Bagaimana MudikMempersatukan Anak Bangsa

“(Antusiasme) banyak sekali. Okupansinya sold out, semua laku,” kata Budi Karya.

Adapun peminat angkutan arus balik tersebut, disebut Budi, kebanyakan dari wilayah Jawa seperti Yogyakarta, Solo, Semarang, Cirebon.

 

Rekomendasi
Tutup