Arus Balik, Masih Ada Kemacetan di Jembatan Kalikuto

| 19 Jun 2018 16:18
Arus Balik, Masih Ada Kemacetan di Jembatan Kalikuto
Ilustrasi (era.id)
Jakarta, era.id - Kapolri Jenderal Tito Karnavian memantau arus balik lewat udara menggunakan helikopter, Selasa (19/6/2018). Dalam pantauan udara itu, tampak terjadi peningkatan volume kendaraan arus balik menuju Cikampek. 

"Take off dari pos terpadu Cikopo menuju timur menyusuri tol ke arah Jateng dan Landing di Grinsing Kabuputen Batang," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen M.Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/6/2018). 

Untuk mengurai kemacetan petugas telah disiagakan di sana untuk membantu mengurai kepadatan. Dalam patroli itu, Tito didampingi Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Polisi Agung Budi, dan Asisten Operasi Kapolri Inspektur Jenderal Deden Juhara. 

"Ada kepadatan pada Jembatan Kalikuto karena jalur yang digunakan satu lajur karena dalam proses penyelesaian pembagunan," katanya. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, puncak arus balik Lebaran akan terjadi pada tanggal 19-20 Juni 2018 dari arah Timur ke Barat di Pulau Jawa. 

Selain itu, pihaknya juga memprediksi akan ada tiga titik rawan kemacetan saat puncak arus balik, yakni tol fungsional Jembatan Kali Kuto, rest area, serta tol Cipali. 

"Meskipun rawan kemacetan namun Polri dan Dinas Perhubungan sudah menempatkan personel untuk mengatur arus lalu lintas," kata Menhub di Batang, seperti dilansir Antara, Senin (18/6/2018). 

Jalan tol fungsional yang melalui jembatan Kali Kuto, kata Menhub, kondisinya memang masih dalam konstruksi dan belum selesai 100 persen, sehingga nanti usai arus balik akan ditutup untuk dilanjutkan pembangunan.

Rekomendasi