Antisipasi Kemacetan Arus Mudik, Polres Pandeglang Bakal Terapkan One Way

| 21 Apr 2022 01:01
Antisipasi Kemacetan Arus Mudik, Polres Pandeglang Bakal Terapkan One Way
Sejumlah pengendara terjebak macet di Pandeglang, Banten, Sabtu (1/1/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/rwa.

ERA.id - Polres Pandeglang menyiapkan skenario "one way" dan membentuk Team Pandeglang Lancar (Pancar) untuk antisipasi kemacetan saat terjadi arus mudik Lebaran 2022 di daerah itu.

"Saat puncak arus mudik nanti akan banyak kendaraan, baik roda empat maupun dua, dan untuk mengantisipasi kemacetan kita akan memberlakukan sistem buka-tutup (one way)," kata Kepala Unit Keamanan dan Keselamatan Polres Pandeglang Iptu Sukoyo di Pandeglang, Rabu (20/4/2022).

Menurut dia, sistem buka-tutup akan diberlakukan pada beberapa titik yang rawan kemacetan, diantaranya jalur Mengger sampai Cipacung.

"Pada jalur tersebut diperkirakan terjadi kemacetan saat arus mudik karena tidak ada jalan alternatif dan jembatan relatif kecil," ujarnya.

Upaya lain dalam mengantisipasi kemacetan, kata dia, Polres Pandeglang memasang imbauan agar pengendara memanfaatkan jalur alternatif. "Kita pasang papan pemberitahuannya," katanya.

Polres Pandeglang juga menyiapkan 28 titik Pos Gatur yang berlokasi di persimpangan rawan kemacetan serta jalur-jalur wisata di daerah ini.

"Di Pos Gatur nanti akan siaga personel dari Satuan Lalulintas, Sampta dibantu Kepolisian Sektor (Polsek) setempat," katanya.

Ia juga mengimbau para pengguna jalan mematuhi rambu lalu lintas demi keamanan dan kelancaran bersama.

Rekomendasi