Menko Luhut Minta Warga dan Lansia Tak Keluar Rumah Selama Sebulan ke Depan, Benarkah?

| 18 Jun 2022 07:32
Menko Luhut Minta Warga dan Lansia Tak Keluar Rumah Selama Sebulan ke Depan, Benarkah?
Luhut Binsar Pandjaitan (Antara)

ERA.id - Beredar pesan yang dibagikan ulang berkali-kali yang memperlihatkan judul dari dua berita Liputan 6 mengenai Menko Luhut.

Dalam tangkapan layar tersebut, terlihat bahwa Menko Luhut diberitakan mengimbau masyarakat dan para lansia untuk tidak keluar rumah selama sebulan ke depan.

Turnbackhoax.id



Dikutip dari Turnbackhoax.id pada Jumat (17/6/2022), berdasarkan hasil penelusuran, informasi yang dibagikan ulang berkali-kali tersebut berpotensi menyesatkan. Perlu untuk membuka dan membaca kedua artikel secara lengkap. Pada bagian penjelasan, Menko Luhut menyebut secara spesifik untuk lansia di atas 60 tahun yang belum vaksin dan memiliki komorbid yang disarankan untuk tidak keluar rumah sampai sebulan ke depan.

Begitu pula untuk artikel lainnya yang berjudul “Luhut Minta Masyarakat Tak Jalan-Jalan Dulu 4 Minggu ke Depan.” Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa Menko Luhut mengacu pada data dari Google Mobility dan mengapresiasi tingkat mobilitas masyarakat Indonesia yang menurun selama satu pekan terakhir.

Kemudian, Menko Luhut mengimbau masyarakat untuk mengurangi mobilitas di luar rumah selama 3 – 4 minggu kedepan, bukan mengharuskan masyarakat untuk tidak keluar rumah sama sekali.

Informasi tersebut telah dibahas oleh media Liputan 6 pula dengan judul “Cek Fakta: Tidak Benar Menko Luhut Larang Lansia Keluar Rumah Selama 4 Pekan pada Juni 2022 Akibat Covid-19 Menggila”.

Dengan demikian, tangkapan layar yang hanya berisi judul dari dua artikel Liputan 6 tersebut merupakan konten yang menyesatkan.

Rekomendasi