Cek Fakta: Lima Jabatan Sekaligus yang Diemban Luhut, 'Seperti Negara Milik Moyangnya Sendiri', Benarkah?

| 11 Feb 2022 11:20
Cek Fakta: Lima Jabatan Sekaligus yang Diemban Luhut, 'Seperti Negara Milik Moyangnya Sendiri', Benarkah?
Hoaks Luhut Pandjaitan. (Foto: turnbackhoax.id)

ERA.id - Beredar sebuah foto berisi tangkapan layar dari sampul artikel media Tempo berjudul “Lima Jabatan yang Diemban Luhut Sekaligus Seperti Negara Milik Moyangnya Sendiri Saja”.

Informasi soal Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan itu diunggah oleh akun Facebook bernama Tiger Tiger pada 6 Februari 2022.

[NARASI]:

"S E R A K A H A M A T 😂 A M A T A J A G A K S E R A K A H BHaHaHaHaHa 😂 😀😂."

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir laman turnbackhoax.id, judul dari artikel Tempo tersebut sudah dimanipulasi.

Pada Facebook Tiger Tiger, ia mengunggah sebuah foto berisi tangkapan layar dari sampul artikel media Tempo berjudul “Lima Jabatan yang Diemban Luhut Sekaligus Seperti Negara Milik Moyangnya Sendiri Saja”.

Padahal judul dan sampul artikel asli dari Tempo ditemukan pada postingan instagram @tempodotco pada 21 September 2021 berjudul "Lima Jabatan yang Diemban Luhut Sekaligus".

Dikutip dari akun Instagram Tempo, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Luhut Pandjaitan sebagai Ketua Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dengan empat jabatan lain yang sudah diemban.

Sementara unggahan Tiger Tiger adalah gambar yang sudah dimanipulasi dengan menambahkan kata “Seperti Negara Milik Moyangnya Sendiri Saja” pada bagian bawah.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka unggahan Tiger Tiger adalah salah. Informasi tersebut masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Kami juga pernah menulis soal Luhut Minta Lansia 60 Tahun ke Atas Jangan Keluar Rumah Sebulan, Warganet: Kasih Tahu Jokowi.. Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi