Bukan Sosok Religius, Ini Kriteria Capres-Cawapres Versi PKS: Bisa Menang Pilpres dan Punya Kapasitas Memimpin

| 20 Jun 2022 18:25
Bukan Sosok Religius, Ini Kriteria Capres-Cawapres Versi PKS: Bisa Menang Pilpres dan Punya Kapasitas Memimpin
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu membeberkan kriteria calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 2024 yang akan diusung oleh partainya. Kriterianya yaitu yang mampu menenangkan Pilpres 2024 dan memimpin negara.

Hal itu disampaikan Syaikhu saat pidato pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PKS di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (20/6/2022).

"Salah satu kriteria penting kandidat capres-cawapres PKS adalah kombinasi pasangan pemimpin yang tidak hanya mampu memenangkan kontestasi, tetapi juga memiliki kapasitas untuk memimpin dan menyatukan negeri kita ini," kata Syaikhu.

Sementara soal kerja sama politik untuk Pemilu 2024, Syaikhu mengatakan PKS masih membuka komunikasi dengan partai politik mana pun.

PKS, kata Syaikhu, akan mencari rekan koalisi yang setara juga harus memiliki platform pembangunan yang sama dan menginginkan perubahan bangsa ke arah yang lebih baik.

"PKS akan terus berjuang mencari mitra koalisi yang setara yang mau duduk sama rendah, berdiri sama tinggi," ujar Syaikhu.

"Mitra koalisi yang memiliki platform pembangunan yang sama yang ingin sama-sama membawa perubahan dan kita semua tentu menginginkan perubahan kita ingin ada kemajuan bukan kemandekan apalagi kemunduran," imbuhnya.

Terkait dengan siapa calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung pada Pilpres 2024 maupun berkoalisi dengan partai mana, Syaikhu mengatakan hal itu merupakan kewenangan Majelis Syuro.

Namun, DPP PKS juga akan mendengarkan masukan-masukan dari pengurus daerah terkait koalisi maupun pasangan capres-cawapres. Masukan dari akar rumput itu nantinya akan diteruskan ke Majelis Syuro.

"Kita tidak ingin mendahului Majelis Syuro, tapi masukan-masukan akan kita berikan ke Majelis Syuro," pungkasnya.

Rekomendasi