Pemudik dari Jawa Tengah Dominasi Terminal Pulo Gebang
Pemudik dari Jawa Tengah Dominasi Terminal Pulo Gebang

Pemudik dari Jawa Tengah Dominasi Terminal Pulo Gebang

By bagus santosa | 20 Jun 2018 15:09
Jakarta, era.id - Sebanyak 3.125 pemudik yang menumpang bus tiba di Terminal Terpadu Pulo Gebang. Jumlah ini diperkirakan meningkat hingga malam nanti, apalagi pada Kamis besok (21/6) kegiatan perkantoran sudah mulai berjalan normal.

Menurut Kepala Unit Pengelolaan Teknis (UPT) Terminal Terpadu Pulo Gebang Ismanto para pemudik yang tiba di terminal ini didominasi dari wilayah Pulau Jawa khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Kalau proporsi arus mudik, proporsinya Jawa Tengah dan Jawa Timur. Peringkatnya sekitar 60 persenan Jawa Tengah diikuti Jawa Timur dan Jawa Barat. Arus balik juga sama," kata Ismanto kepada wartawan di ruang kedatangan Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, Rabu (20/6/2018).

Ismantono menjelaskan, terminal dengan luas 12,5 hektar ini memang dibangun untuk melayani rute antar kota dan provinsi yang dilimpahkan dari Terminal Pulo Gadung. 

Adapun rute terbanyak yang diberangkatkan dari terminal ini adalah menuju ke daerah Pulau Jawa seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Itulah sebabnya mayoritas trayek itu ada di sini. Karena memang diatur distribusinya. Misalnya, mayoritas di Pulo Gebang trayek arah ke Jawa Tengah dan Timur, Jawa Barat di Kampung Rambutan, kalau Kalideres arah Sumatera. Ini juga optimalisasi pola pergerakan masyarakat juga mendekati tujuan atau destinasi," kata dia.

Sebagai informasi, terhitung pada Rabu (20/6/2018) pukul 00.00 WIB, sudah ada 3.125 orang dengan total kedatangan bus sebanyak 207. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah hingga malam nanti.

Sementara, jumlah kedatangan paling banyak terjadi pada hari Selasa (19/6) atau H+3 setelah Lebaran dengan jumlah pemudik yang datang mencapai 5.238 dengan total 270 bus. 

Sementara untuk H+2 Lebaran total penumpang berjumlah 3.971 orang dan total bus yang tiba mencapai 210 unit dan pada H+1 total pemudik yang sampai di terminal ini hanya 1.839 orang dengan total bus yang tiba 112 unit.

Tags : mudik lebaran
Rekomendasi
Tutup