Indo Barometer: Ganjar-Yasin Masih Unggul di Jateng

Tim Editor

Survei Indo Barometer (Mery/era.id)

Jakarta, era.id - Survei Lembaga Indo Barometer mencatat, pasangan calon Ganjar Pranowo dan Taj Yasin masih unggul di Pilkada Jawa Tengah. Hasil ini mengungguli pasangan Sudirman Said dan Ida Fauziyah, jelang Pilkada serentak 2018 yang hanya tinggal sepekan ke depan. 

Survei Lembaga Indo Barometer yang dilakukan sejak tanggal 7 hingga 13 Juni 2018 merilis, pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin unggul dengan 67,3 persen. Sedangkan, lawannya yakni pasangan Sudirman Said-Ida Fauziah mendapatkan 21,1 Persen.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari mengatakan, Sudirman Said tengah menghadapi lawan yang sangat kuat. Sebab pasangan Ganjar Yasin didukung oleh partai yang kuat sekelas PDI Perjuangan yang juga merupakan pemenang Pemilu 2014.

"Sudirman said ini berhadapan partai yang kuat dan sosok yang populer," katanya, dalam acara rilis hasil survei Pilkada, di Hotel Harris, Sudirman, Jakarta, Rabu (20/6/2018).

Menurut Qodari, PDI Perjuangan memiliki pendukung yang sangat besar di Jawa Tengah. Hal itu, kata dia, terlihat dari hasil Pilkada 2013 bahwa pasangan Ganjar-Heru bisa menang nyaris diseluruh kawasan Jawa Tengah.

"Peta kemenangan sangat dinamis, Ganjar-Heru merah (di peta kemenangan Pilkada 2013) semua saya melihat ini persaingan yang sangat ketat," ucapnya.

"Jateng memang kadang Banteng," lanjut Qodari. 

Sekedar informadi, survei ini dilakukan melalui simulasi surat suara diseluruh wilayah Provinsi Jawa Tengah, yang meliputi 35 kabupaten/kota. Menggunakan, margin of error atau tingkat kesalahan survei sebesar kurang lebih 3,46 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling.

Adapun, jumlah sampel pada survei ini sebanyak 800 responden dengan rentan usia minimal 17 tahun dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui tatap muka dan kuesioner.

Tag: ganjar pranowo pilkada jateng

Bagikan: