Dikritik karena Jadi Ketua INASPOC, Gibran Ngegas: Yang Pengen Jadi Ketua, Sini Gantikan Saya

| 25 Jun 2022 08:05
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Antara)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ditunjuk menjadi Ketua Indonesian ASEAN Para Games Organizing Comittee (INASPOC) 2022. Penunjukan ini dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo yang merupakan ayahnya sendiri.

Hal ini pun langsung mendapat kritikan dari Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera. Menurutnya, Gibran terlalu dikarbit karena penunjukan sebagai ketua penyelenggaran event internasional.

Menanggapi hal ini, Gibran merespons secara ketus. Dirinya menegaskan bahwa kegiatan ini tuan rumahnya adalah kota Solo.

"Lha tuan rumahnya Solo. Lha siapa yang pengen jadi ketua, yang pengen jadi ketua sini. Datang ke Solo, menggantikan saya, tinggal nglakokne (menjalankan) aja,” ucapnya.

Sementara itu Ketua National Paralympic Comittee (NPC) Indonesia, Senny Marbun mengatakan proses Gibran menjadi ketua Inaspoc bukan melalui penunjukan. Namun karena kegiatan akan diselenggarakan di Solo, maka NPC meminta Gibran menjadi ketua Inaspoc.

Baru kemudian setelah Gibran bersedia, NPC meminta persetujuan pada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

”Itu sebenarnya yang terjadi. Tidak tiba-tiba Pak Presiden tanda tangan Perpres terus mas Gibran jadi ketua Inaspoc,” katanya.

Rekomendasi