Megawati Minta Warga Jatim untuk Percayakan Cucu Presiden

| 22 Jun 2018 05:05
Megawati Minta Warga Jatim untuk Percayakan Cucu Presiden
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, di Solo, Jawa Tengah, Jumat (11/5/2018). (Istimewa)
Blitar, era.id - Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri meminta kader partai dan rakyat Jawa Timur, untuk dapat menghargai jasa Bung Karno dengan mempercayakan cucunya yang ikut Pilkada Jatim, yakni Puti Guntur Soekarno.

"Saya bilang ke ayah saya, meminta izin, terjunkan salah satu cucu kamu, Puti Guntur. Saya minta rakyat Jatim untuk dapat hargai Bung Karno dengan memenangkan cucunya," kata Megawati dikutip dari antara, di sela-sela acara Haul ke-48 Soekarno, di makam Bung Karno, Bendogerit, Sananwetan, Blitar, Jawa Timur, Rabu (20/6).

Puti merupakan calon wakil gubernur Jatim yang berpasangan dengan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul dari kalangan warga Nahdlatul Ulama (NU). Bagi Megawati, memenangkan Puti adalah cara menghargai Sang Bapak Bangsa.

Menurut Megawati, hubungan yang baik antara kalangan nasionalis dan santri sudah terbina sejak era ayahnya dengan para kiai NU. misalnya KH Hasyim Asy'ari, KH Wahab Hasbullah, hingga KH Wahid Hasyim.

Bahkan, sejak dirinya masih kecil, hubungan baik itu tetap terjaga. Bahkan, kata Megawati, peringatan Haul Bung Karno yang ada hingga saat ini juga merupakan tradisi kultural keagamaan yang terus dijaga para Soekarnois dan warga Nahdliyin.

"Kali ini Bapak, saya terjunkan salah satu cucu kamu yaitu Puti Guntur Soekarno,” ucap Megawati.

Pada acara haul ke-48 Bung Karno ini diselenggarakan di area makam dan istana gebang, yang merupakan rumah masa kecil Bung Karno. Acara tersebut dikemas dalam kenduri 1.001 tumpeng.

Sejumlah petinggi partai dan pejabat hadir dalam acara tersebut misalnya Ketua Umum DPP PDIP yang juga putri Bung Karno Megawati Soekarnoputri, Sekjend DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, seluruh pengurus partai dari pusat hingga daerah, hingga anggota legislatif dari kedua partai.

Hadir juga sejumlah menteri, misalnya Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly dan sejumlah menteri lainnya.

Hadir juga sejumlah pengurus NU mulai Ketua PBNU KH Said Aqil Siradj hingga jajaran tingkat provinsi, kota, Pengasuh Pondok Pesantren Al Amien, Ngasinan, Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kota, Kediri KH Anwar Iskandar, Pengasuh PP Ploso, Kabupaten Kediri, dan sejumlah pengasuh pesantren di Kota Blitar.

Ribuan warga dari Kota Blitar serta simpatisan Bung Karno juga ikut serta memeriahkan haul tersebut. Hujan tidak menyurutkan langkah mereka untuk tetap menyaksikan acara tersebut.

Setelah sambutan dan doa bersama, acara dilanjutkan dengan makan bersama. Megawati sempat memberikan tumpeng pada calon Gubernur Jatim Saifullah Yusuf yang juga hadir di acara tersebut.

Rekomendasi