Feng Shui Kamar Tidur: Rekomendasi Skema, Tata Letak, dan Warna

ERA.id - Kamar tidur merupakan tempat istirahat, romansa, dan relaksasi pribadi yang kenyamanannya harus dipertimbangkan. Menariknya terdapat beberapa aturan feng shui kamar tidur yang diharapkan membawa keharmonisan penghuninya.

Perlu diketahui, kita cenderung menghabiskan lebih dari delapan jam sehari di kamar tidur, sehingga harus mencoba memaksimalkan feng shuinya. Melalui artikel ini akan dibahas tweak feng shui yang paling efektif untuk kamar tidur Anda.

Dilansir dari mindbodygreen, konsultan feng shui bersertifikat Marianne Gordon memberikan beberapa rekomendasi aturan mengenai tempat tidur Anda. Apa saja?

Aturan-Aturan Feng Shui Kamar Tidur

  1. Skema warna yang tepat

Dalam feng shui, warna-warna tertentu dianggap meningkatkan sensualitas maksimum dan getaran damai di kamar tidur yang mendorong tidur nyenyak.

Pilih warna yang tepat untuk kamar tidur Anda (Unsplash)

Aturan umum adalah memilih warna kulit atau warna kalem yang Anda temukan di alam. Berikut adalah beberapa:

●        Putih pucat

●        krim

●        Cokelat

●        coklat

●        persik

Jika Anda mengecat seluruh kamar tidur Anda dengan warna peach, kemungkinan besar Anda akan menarik seseorang. Pertimbangkan untuk menggunakan warna peach sebagai aksen nada pada bantal, lemparan, dan benda-benda kecil.

Sementara aksen dinding dan wallpaper harus dijaga seminimal mungkin dan juga memiliki warna lembut dan pola terbatas. Dinding putih bersih juga harus dihindari karena pada malam hari mereka bisa menjadi terlalu aktif.

Putih mencolok adalah warna unsur logam, yang merangsang mental dan tidak kondusif untuk istirahat. Dalam feng shui, warna-warna tertentu dianggap mempromosikan getaran damai dan tidur nyenyak di kamar tidur. Pilih warna kalem seperti putih pudar, krem, dan cokelat.

  1. Tata letak yang tepat

Cara lain untuk memaksimalkan keharmonisan dan relaksasi di kamar tidur Anda adalah dengan mengubah tata letaknya. Perabotan yang paling penting untuk diperhatikan adalah tempat tidur Anda.

Tempatkan tempat tidur Anda sehingga Anda dapat melihat pintu masuk saat Anda berbaring di dalamnya. Menempatkan tempat tidur Anda di dinding yang sama dengan pintu Anda dianggap membuat Anda merasa terancam, seperti seseorang mungkin mengejutkan Anda dalam tidur Anda.

Kemudian dalam feng shui, sandaran kepala memberikan perasaan dukungan dalam hidup dan pastikan untuk memasangnya dengan sangat baik ke tempat tidur agar tidak goyah.

Saat memilih headboard, pilih yang memiliki tepi lembut. Headboard besi cor berat atau yang memiliki palang. Sebaliknya, pilihlah yang terbuat dari kain, karena memberikan kesan lembut dan mengundang.

Lalu pastikan tempat tidur tidak memiliki sudut tajam yang dapat melukai tulang kering Anda. Mengubah tata letak di kamar Anda adalah cara lain yang bagus untuk mendapatkan relaksasi di kamar tidur Anda.

  1. Pasangan Anda

Dalam feng shui, pasangan dianggap mempromosikan energi yang penuh kasih dan harmonis, jadi pakai kamar tidur untuk dua orang—bahkan jika saat ini Anda tidak sedang menjalin hubungan.

Sisakan sedikit ruang ekstra di meja rias Anda dan tampilkan semuanya berpasangan. Itu berarti:

●        2 bantal

●        2 kursi

●        2 lampu serupa

Dalam feng shui, pasangan dianggap mempromosikan energi yang penuh kasih dan harmonis. Jika Anda bisa, pilih dan carilah pasangan.

  1. Aksesoris yang bermakna dan menyehatkan panca indera

Jika kamar tidur Anda berada di area keluarga dengan elemen dominan adalah kayu, cobalah untuk menggabungkan warna hijau dan biru untuk mempertahankan elemen tersebut.

tempatkan berbagai aksesoris secara berpasangan (Unsplash)

Konsultasikan peta feng shui untuk membantu menentukan elemen apa yang harus ada di ruang Anda yang membangkitkan panca indera. Contoh: minyak atsiri dapat membangkitkan bau.

Selain itu, tempat tidur yang lembut juga dapat membangkitkan sentuhan. Kemudian nada bumi dapat membangkitkan penglihatan, putih yang menenangkan dapat membangkitkan suara, dan air lemon dan membangkitkan rasa.

Selain feng shui kamar tidur, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman